Terpilih aklamasi Suandi Trismayadi pimpin PWI Katingan

id Terpilih aklamasi, Suandi Trismayadi Ketua PWI Katingan, kalteng, katingan, pwi katingan

Terpilih aklamasi Suandi Trismayadi pimpin PWI Katingan

Ketua PWI Katingan periode 2022-2025 Suandi Trismayadi menerima pataka PWI dari Ketua PWI Kalimantan Tengah Muhammad Harris Sadikin, Rabu (29/6/2022). ANTARA/Fernando Rajagukguk

Kasongan (ANTARA) - Suandi Trismayadi terpilih secara aklamasi sebagai Ketua PWI Katingan Provinsi Kalimantan Tengah periode 2022-2025 dalam Konferensi Daerah VII PWI setempat menggantikan ketua sebelumnya Aris Munandar.

"Saya bertekad akan membawa marwah organisasi PWI Katingan lebih baik lagi," kata Suandi seusai dilantik di Kasongan, Rabu.

Dia menyampaikan program utamanya sebagai ketua adalah meningkatkan kompetensi para anggota PWI Katingan. Ini mutlak dilakukan agar menjadi wartawan yang profesional dalam menjalankan tugas jurnalistiknya.

Dia juga akan meningkatkan lagi sinergitas dan kolaborasi dengan berbagai pihak seperti pemerintah daerah, Forkopimda dan organisasi perangkat daerah dan instansi lainnya yang ada di daerah tersebut dari sisi pemberitaan yang sifatnya informasi maupun kontrol sosial.

Sebagai pemimpin organisasi, dia akan melakukan regenerasi dalam organisasi atau kaderisasi. Caranya dengan proaktif mengajak dan mendorong wartawan-wartawan muda untuk terus terlibat dengan organisasi di PWI Katingan.

"Mudah-mudahan dengan banyak wartawan dengan status muda dapat memberikan kekuatan tersendiri dalam menopang profesionalitas insan pers di Bumi Penyang Hinje Simpei," ucap wartawan harian Palangka Ekspres itu.

Ketua PWI Kalimantan Tengah Muhammad Harris Sadikin meminta seluruh wartawan yang tergabung sebagai anggota PWI Katingan supaya selalu menjaga marwah organisasi dengan tetap melaksanakan tugas jurnalistik sesuai Undang-undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers dan kode etik serta peraturan perundang-undangan lainnya.

Baca juga: Polda Kalteng tangkap tiga bandar togel di Kabupaten Katingan

"Menjadi tantangan sebagai wartawan yang profesional untuk meluruskan informasi-informasi hoax yang ada di media sosial," tegasnya.

Sementara itu Bupati Katingan Sakariyas berharap setiap berita yang akan ditayangkan perlu dilakukan cek dan ricek kebenarannya. Demikian pula berita yang disajikan harus seimbang serta perlu dilakukan konfirmasi dalam setiap kejadian kepada sumber-sumber kompeten.

Tujuannya agar jangan sampai informasi yang disampaikan salah ditangkap oleh masyarakat dari fakta kejadian yang sebenarnya atau tidak menimbulkan opini yang salah bagi masyarakat. Kondisi tersebut merupakan tantangan bagi anggota PWI Katingan untuk terus meningkatkan kualitas pemberitaan.

Dia menyebutkan kebebasan pers yang saat ini sangat dinikmati oleh kalangan jurnalistik agar dapat digunakan dengan baik dan terhormat. Jangan sampai kebebasan pers yang dimiliki saat ini justru disalahgunakan untuk kepentingan pribadi ataupun kelompok tertentu. Pers harus merdeka.

"Hal tersebut tentunya menandakan wartawan yang kreatif dan berkualitas. Dengan tulisannya masyarakat pun jadi cerdas setelah membaca informasi yang tersaji dalam berita yang ditulisnya," demikian Sakariyas.

Sebelumnya dalam acara konferensi daerah PWI Katingan ke VII dengan tema "Wartawan Kreatif dan Berkualitas, Masyarakat Cerdas" terpilih sebagai sekretaris dan bendahara mendampingi Suandi yakni Jeri wartawan Kalteng Pos dan Annasrullah wartawan Berita Sampit dan Dayak TV.

Sedangkan Suseno Arianto wartawan harian Tabengan dan Muhammad Isnaeni wartawan portal Kaltengekspres terpilih sebagai ketua dan anggota SIWO PWI Katingan.

Baca juga: Polres Katingan jadikan kejuaraan catur cepat agenda rutin

Baca juga: Raya wakili Katingan ke pemilihan Pemuda Pelopor Kalteng 2022