Masrawan berjasa tinggalkan semboyan STMJ di Kanwil Kemenag Kaltim

id Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Timur, Kemenag Kaltim, Mohlis, mantan Kemenag Kalteng meninggal dunia akibat kecelakaan, Kalimantan Tengah, Kalteng

Masrawan berjasa tinggalkan semboyan STMJ di Kanwil Kemenag Kaltim

Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Timur Mohlis saat diwawancarai di Pulang Pisau, Senin (18/7/2022). ANTARA/ Adi Waskito.

Pulang Pisau (ANTARA) - Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag, Kalimantan Timur (Kaltim) Mohlis menyatakan, seluruh jajaran merasa kehilangan sosok Masrawan karena dikenal bersahaja dan berjasa meninggalkan semboyan STMJ saat aktif bertugas.

"Semboyan STMJ ini artinya Setia, Transparan, Musyawarah, Jujur. Itu terus dan selalu diingatkan beliau selaku Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kaltim kepada seluruh jajaran,” kata Mohlis saat berada di  Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Senin.

Mohlis mengungkapkan selama bertugas almarhum senang bersilaturahmi dengan tokoh-tokoh agama, forum kerukunan umat beragama, dan sepengetahuan dirinya hanya almarhum yang senang menyambangi para orang tua. 

Terkait dengan urusan atau kepentingan almarhum selama Kalimantan Tengah, Mohlis tidak mengetahui pasti. Namun diperkirakan almarhum ada acara keluarga, dan menyelesaikan desertasi yang tinggal selangkah lagi mengambil gelar Doktor.

"Beliau tinggal menyelesaikan ujian tertutup dan penjadwalan perbaikan ujian kualifikasi," beber Mohlis.

Dikatakan Mohlis, baik Masrawan maupun Hilaliyah sang istri merupakan sosok yang menyenangkan dan mudah bergaul. Karier Masrawan yang lahir di Sungai Tabukan Kabupaten Hulu Sungai Utara 4 April 1967 dimulai menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di KUA Kecamatan Pulau Petak tahun 1994.

Baca juga: Mantan Kakanwil Kamenag Kalteng kecelakaan, enam orang meninggal

Pada 1997 menjadi Kepala KUA Kecamatan Kapuas Barat Kabupaten Kapuas. Pada tahun 1999 menjadi Kasubsi Kepenghuluan Seksi Ura Islam Kandepag Kabupaten Kapuas dan menjadi Kepala Zakat dan Wakaf Kandepag  2003. Tahun 2006 menjadi Kepala Subbag Tata Usaha Kandepag Kabupaten Pulang Pisau.

Pada tahun 2008, Masrawan dipercaya menjadi Kepala Kamenag Kabupaten Pulang Pisau dan bertugas menjadi Kepala Kamenag Kabupaten Kapuas pada tahun 2013, selanjutnya di tahun yang sama ditugaskan menjadi Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Kalteng.

Masrawan menjabat sebagai Kepala Kanwil Kemenag  Kalteng pada tahun 2017 dan menjadi Kepala Kanwil Kemenag  Kaltim pada tahun 2020.

Sementara almarhum Hilaliyah istri Masrawan lahir di Sungai Pal Bahaur Kabupaten Pulang Pisau 3 Juni 1969 memulai karir sebagai ASN staf di Pengadilan Agama Kabupaten Kapuas pada tahun 1995 hingga jabatan terakhir sebagai Panitera Pengganti di Pengadilan Tinggi Agama Samarinda pada 2021.

Baca juga: Jenazah Kakanwil Kemenag Kaltim dan keluarga disambut haru ratusan pelayat

Baca juga: Polisi jelaskan dugaan penyebab kecelakaan menewaskan Kakanwil Kemenag Kaltim dan keluarga

Baca juga: Jenazah Kakanwil Kemenag Kaltim dimakamkan satu liang lahat bersama keluarga