Expo Bartim 2022 pacu peningkatan ekonomi masyarakat

id Pemkab bartim, bupati bartim ampera ay mebas, expo bartim 2022, pembangunan bartim, umkm bartim, perekonomian bartim, tamiang layang, bartim

Expo Bartim 2022 pacu peningkatan ekonomi masyarakat

Bupati Bartim Ampera AY Mebas melihat produk UMKM berupa jamu dan madu pada stan pameran Kecamatan se-Bartim di Tamiang Layang, Rabu, (20/7). ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah membuka Expo Bartim 2022 dan sebanyak 42 pelaku usaha lokal dilibatkan mengisi stan pameran secara gratis.
 
“Expo Bartim 2022 upaya meningkatkan ekonomi masyarakat,” kata Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Kamis.
 
Dia menjelaskan, dalam Expo Bartim 2022 ada bazar dan pameran ekonomi kerakyatan yang ditampilkan para pelaku UMKM maupun pedagang kaki lima di Gumi Jari Janang Kalalawah.

Baca juga: Bupati tegaskan pemkab dukung penuh pemberantasan narkoba di Bartim
 
Tambahnya, bazar dan pameran ekonomi kerakyatan ini merupakan bagian dari penegasan Pemerintah Kabupaten Barito Timur selalu berupaya maksimal berpihak pada ekonomi kerakyatan.
 
Salah satu pilar APBD adalah mewujudkan masyarakat sejahtera secara ekonomi dengan memberikan amanat, bahwa fokus pembangunan mengarah pada ekonomi kerakyatan yang akan membawa pada peningkatan ekonomi nasional.
 
Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas memberikan arahan sekaligus membuka Expo Bartim 2022 di Tamiang Layang, Rabu, (20/7) sore. ANTARA/Habibullah
 
Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan pemkab dan jajaran harus mengarah pada bangkit dan majunya ekonomi dalam skala kecil dan menengah. Barito Timur memiliki potensi ekonomi kerakyatan yang cukup besar.
 
Potensi-potensi itu secara riil bersentuhan langsung dengan aktivitas ekonomi kerakyatan. Tinggal diolah dan dipasarkan secara berkelanjutan maupun berhasil menjadi program yang menyejahterakan masyarakat.
 
Pria yang baru saja mendapat gelar doktor bidang ekonomi ini mengakui, proses promosi produk barang dan jasa yang dilakukan belum optimal, meski upaya itu terus dilakukan.
 
“Diperlukan banyak agenda sebagai ruang promosi atau pemasaran barang dan jasa. Atas dasar itulah Expo Bartim 2022 ini digelar,” tegasnya.

Baca juga: Kejari bantu penuhi kebutuhan darah di Barito Timur
 
Ampera menyambut positif dan mendukung sepenuhnya Expo Bartim 2022. Menurutnya, kegiatan itu merupakan wujud nyata tekad yang kuat masyarakat Barito Timur mempromosikan produk-produk barang dan jasa, termasuk potensi makanan -minuman, kerajinan tangan, dan produk lainnya.
 
“Kepada pengelola bazar dan pameran, penunggu stan dan para penjual agar melayani pengunjung dengan sebaik-baiknya,” ucapnya.
 
Usai pembukaan bupati dan rombongan menyempatkan diri meninjau stan pameran milik instansi pemerintah maupun perusahaan setempat.

Baca juga: Buku Statistik Sektoral Bartim 2022 siap diluncurkan

Baca juga: 128 pejabat di Pemkab Bartim bersaing dalam seleksi terbuka