Porprov Kalteng momen tingkatkan pariwisata Kotim

id Porprov Kalteng momen tingkatkan pariwisata Kotim, kalteng, porprov Kalteng, sampit, kotim, Kotawaringin Timur, fajrurrahman, ahyar umar, kini kotim

Porprov Kalteng momen tingkatkan pariwisata Kotim

Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur, Fajrurrahman yang juga Ketua Panitia Lokal Porprov Kalimantan Tengah saat memimpin rapat koordinasi persiapan Porprov XII, Kamis (21/8/2022). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur, Fajrurrahman menilai Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Tengah yang akan digelar di Sampit pada Juni 2023 nanti diyakini akan membawa banyak dampak positif bagi daerah, termasuk sektor pariwisata. 

"Porprov bukan sekadar event olahraga, tetapi juga berdampak besar terhadap perekonomian masyarakat dan sektor pariwisata. Makanya saya minta ini benar-benar kita siapkan secara matang agar pelaksanannya maksimal dan memuaskan," kata Fajrurrahman di Sampit, Kamis. 

Harapan itu disampaikan Fajrurrahman yang juga Ketua Panitia Lokal Porprov Kalimantan Tengah saat memimpin rapat koordinasi persiapan Porprov XII. Rapat yang dilaksanakan di aula gedung KONI Kotawaringin Timur itu dihadiri panitia Porprov serta perwakilan pengurus cabang olahraga. 

Fajrurrahman kembali mengingatkan tekad pemerintah daerah seperti yang sering diucapkan Bupati Halikinnor yakni sukses ganda. Kotawaringin Timur ingin sukses sebagai tuan rumah penyelenggara kegiatan sekaligus sukses menjadi juara umum Porprov 2023.

Seluruh cabang olahraga diminta memaksimalkan persiapan agar bisa mempersembahkan medali emas sebanyak-banyaknya. Koordinasi juga perlu ditingkatkan dengan panitia agar berbagai kekurangan yang ada segera dipenuhi sehingga pelaksanaan Porprov nanti berlangsung aman, lancar dan sukses. 

Baca juga: Kemnaker pilih dirikan BLK di Kotim

Menurutnya, Porprov juga akan membawa dampak positif terhadap perekonomian dan pariwisata daerah. Pelaku usaha diharapkan juga mempersiapkan diri untuk menyambut momen ini sehingga menarik minat tamu yang datang. 

Ada ribuan atlet dari 12 kabupaten dan satu kota akan datang ke Sampit saat Porprov Kalteng. Jumlah itu ditambah pendamping dan keluarga atlet yang mungkin juga ikut ke Sampit untuk menyaksikan pertandingan sekaligus berwisata. 

Ada 29 cabang olahraga yang dipertandingkan. Setiap cabang olahraga diminta meningkatkan pembinaan atlet agar bisa meraih medali sebanyak-banyaknya. 

Para tamu yang datang tersebut dipastikan akan mengeluarkan uang mereka untuk menginap, membeli makanan, berbelanja, berwisata dan menikmati hiburan. Hal itu nantinya berdampak pada meningkatnya perputaran uang di daerah ini. 

"Kami mengajak semua pihak terkait untuk turut bekerja keras mempersiapkan dan menyukseskan Porprov 2023 nanti. Kita persiapkan semuanya secara matang agar kita meraih sukses besar, " demikian Fajrurrahman. 

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kotawaringin Timur Wim RK Benung mengatakan, saat perbaikan venue atau tempat pertandingan semua cabang olahraga. Dia berharap sebagian bisa diselesaikan tahun ini, sedangkan sisanya dituntaskan tahun depan. 

Baca juga: Legislator ingatkan camat dan kepala desa di Kotim cegah sengketa lahan

Baca juga: Seleksi tenaga kontrak digelar Senin, Bupati Kotim imbau peserta hadir

Baca juga: Penambahan armada jadi solusi penanganan sampah di Sampit