KNPI Kotim beri motivasi santri untuk berprestasi

id KNPI Kotim beri motivasi santri untuk berprestasi, kalteng, KNPI kotim, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, endra rosana

KNPI Kotim beri motivasi santri untuk berprestasi

Jajaran pengurus DPD KNPI Kotim berfoto bersama santri dan pengasuh Pondok Pesantren Sabilal Muhtadin Kecamatan Mentaya Hilir Selatan saat silaturahim, Senin (25/7/2022). ANTARA/HO-KNPI Kotim

Sampit (ANTARA) - Pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) terus memperluas program kerja mereka, salah satunya menjangkau para santri di pondok pesantren dengan memberi motivasi untuk berprestasi. 

"Selain menimba ilmu agama, kami rasa para santri juga tidak perlu ragu mengasah kemampuan dan potensi mereka, seperti di bidang olahraga, peluang usaha dan lainnya sebagai bekal meraih sukses," kata Ketua DPD KNPI Kotawaringin Timur, Endra Rosana di Sampit, Rabu. 

Menjangkau kalangan santri, apalagi di kecamatan, diakui merupakan hal baru bagi KNPI Kotawaringin Timur. Selama ini kegiatan yang mereka jalankan umumnya di sekolah umum maupun kampus dan lokasinya di dalam kota Sampit. 

Terobosan ini sengaja mereka lakukan untuk memperluas program kerja KNPI Kotawaringin Timur. Santri yang merupakan bagian dari pemuda di daerah ini, juga berhak dirangkul KNPI dalam kegiatan-kegiatan positif. 

Seperti Senin (25/7) lalu, pengurus KNPI Kotawaringin Timur bersilaturahim ke Pondok Pesantren Sabilal Muhtadin di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan. Kegiatan ini juga dalam rangka syukuran HUT ke-49 KNPI. 

Baca juga: Efektifkan pengelolaan keuangan desa, Pemkab Kotim luncurkan Siskeudes Online

Kedatangan rombongan KNPI Kotawaringin Timur disambut antusias pengurus pondok pesantren dan santri setempat. Pertemuan berlangsung hangat dalam suasana kekeluargaan. 

Endra berpesan kepada pemuda yang ada di pesantren agar selain menimba ilmu agama, juga aktif di berbagai kegiatan positif seperti olahraga. Bukan hal mustahil muncul bibit atlet berbakat dari pondok pesantren yang bisa mempersembahkan prestasi dan mengharumkan nama pondok pesantren dan daerah ini. 

Selain itu para santri dibekali dengan suntikan motivasi terkait hal-hal positif seperti menjauhi narkoba, seks bebas dan lainnya. Endra menilai sangat penting bagi pemuda, termasuk santri untuk membentengi diri dari dampak negatif era globalisasi di tengah kemudahan akses internet.

"Kami akan terus menjalankan kegiatan-kegiatan positif yang diperluas hingga ke pelosok, termasuk menjangkau pesantren-pesantren. Kami berharap keberadaan KNPI bisa memberikan manfaat secara luas bagi masyarakat, khususnya para pemuda," ujar Endra. 

Sementara itu dalam kegiatan tersebut KNPI Kotawaringin Timur juga memberi bantuan sarana olahraga seperti bola voli, futsal, net bola voli, net badminton dan lainnya untuk menunjang keolahragaan di Pondok Pesantren Sabilal Muhtadin. Bantuan diterima perwakilan pihak pondok pesantren, Iqlima yang juga sekaligus ketua DPK KNPI Kecamatan Mentaya Hilir Selatan. 

Baca juga: Fraksi Nasdem DPRD Kotim pertanyakan sanksi bagi legislator pelanggar aturan

Baca juga: Penanganan lingkar selatan perlu Rp4,7 miliar, perusahaan diberi waktu seminggu

Baca juga: Pemkab Kotim bagikan 15 ekskavator untuk kecamatan