Ditlantas Polda Kalteng siap amankan gelaran UCI MTB Eliminator Cup 2022

id UCI MTB Eliminator Wordl Cup 2022,Ditlantas Polda Kalteng,Kalteng,Palangka Raya,Ditlantas Polda Kalteng siap amankan gelaran UCI MTB Eliminator Cup 20

Ditlantas Polda Kalteng siap amankan gelaran UCI MTB Eliminator Cup 2022

Kepala Bagian Operasi Ditlantas Polda Kalteng Kompol Renaldi Oktavian menjelaskan kepada instansi terkait terkait tahapan pengamanan di jalan raya pada UCI MTB Eliminator World Cup 2022 di Palangka Raya, Rabu (3/8/2022). ANTARA/Humas Polda Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas Polda Kalimantan Tengah siap amankan gelaran Union Cycliste International (UCI) Mountain Bike (MTB) Eliminator Cup 2022 yang akan dilaksanakan di Kota Palangka Raya.

Direktur Lalu Lintas Polda Kalteng Kombes Pol Heru Sutopo melalui Kepala Bagian Operasi Ditlantas Kompol Renaldi Oktavian, Rabu, mengatakan mengenai teknis pengamanan kejuaraan sepeda dunia yang akan dilaksanakan pada 28 Agustus 2022 di Palangka Raya, mulai dari kesiapan personel, fasilitas keselamatan jalan, teknis pengamanan, pengaturan parkir, penutupan jalur, rekayasa lalu lintas serta kesiapan pendukung lainnya.

"Cabang olah raga balap sepeda yang menggunakan trek jauh menjadi prioritas serta pengamanan diprioritaskan, terutama untuk menghindari gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) sehingga kepolisian harus mengerahkan kekuatan penuh dengan menggunakan metode pengamanan dilakukan secara terbuka maupun tertutup," katanya.

Dia menuturkan, adapun untuk pelaksanaan UCI MTB Eliminator Cup 2022 tersebut, kepolisian akan bertanggung jawab dari segi pengamanan dengan dibantu dari seluruh stakeholder terkait, sehingga diharapkan perhelatan internasional itu nantinya dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

Maka dari itu pengecekan venue serta hal-hal lainnya agar ketika perhelatan tersebut berlangsung, tentunya semua sudah tersistem sesuai dengan rancangan yang telah dibuat saat sekarang.

"Dalam kegiatan internasional ini kami tentunya perlu latihan yang matang, agar pada hari H nya tidak ada kesalahan ataupun miskomunikasi sedikit pun. Maka dari itu sinergitas dengan stakeholder seperti Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah sudah dilaksanakan dengan baik," ungkapnya.

Baca juga: DPRD Kalteng: Manfaatkan anggaran pelaksanaan UCI MTB secara optimal

Personel Ditlantas dan Dinas Perhubungan Provinsi Kalteng juga bahu membahu memikirkan terkait tugasnya mereka masing-masing. Bahkan mereka juga melakukan pengecekan lokasi yang nantinya untuk memarkir kendaraan roda dua baik tamu undangan, maupun tamu VVIP yang sudah ditentukan.

Tidak hanya itu, mereka juga sudah menyiapkan kendaraan roda empat yang nantinya akan digunakan, baik melakukan pengawalan tamu undangan VVIP serta tamu-tamu penting lainnya.

Saat ini komplek Stadion Tuah Pahoe Palangka Raya Jalan Tjilik Riwut Km 5,5 dalam beberapa hari ini terus dipadati oleh sejumlah petugas dari berbagai instansi terkait, yang nantinya akan terlibat dalam kegiatan tersebut.

Baca juga: Pembangunan arena Kejuaraan dunia sepeda MTB di Palangka Raya capai 80 persen

Baca juga: Bandara Tjilik Riwut usul 'ekstra flight' untuk kejuaraan dunia sepeda

Baca juga: PLN siagakan 117 personel untuk sukseskan kejuaraan dunia sepeda 2022