Disdagperin Kalteng dorong pelaku IKM optimalkan pemanfaatan TI

id Disdagperin kalteng, aster bonawaty, ikm kalteng, tokokaltengberkah

Disdagperin Kalteng dorong pelaku IKM optimalkan pemanfaatan TI

Kepala Disdagperin Kalteng Aster Bonawaty. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) -

Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Provinsi Kalimantan Tengah terus mendorong pelaku industri kecil dan menengah (IKM) mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi (TI) yang semakin berkembang.

"Pemanfaatan TI di era digitalisasi saat ini bagi pelaku IKM sangatlah penting, salah satunya untuk memperluas jangkauan pemasaran produk yang dimiliki," kata Kadisdagperin Aster Bonawaty di Palangka Raya, Senin.

Dengan pemanfaatan perkembangan teknologi informasi, seperti situs web maupun berbagai media sosial yang ada saat ini, pelaku IKM dapat mempromosikan produk yang dimiliki tak terbatas di daerah atau Kalteng saja, namun juga berbagai daerah lain di Indonesia.

"Untuk itu kami terus berupaya agar IKM di Kalteng semakin optimal memanfaatkan kemajuan teknologi informasi ini untuk mendukung pemasaran produknya," tuturnya.

Baca juga: Disdagperin: Kalteng Expo jadi sarana promosi produk unggulan IKM

Disdagperin pun terus berupaya memacu peningkatan kualitas sumber daya IKM di Kalteng, salah satunya dalam pemanfaatan teknologi informasi, melalui berbagai pelatihan yang telah dilaksanakan.

Selain itu, pemerintan provinsi bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalteng juga berkolaborasi dalam pengembangan platform digital yakni e-commerce tokokaltengberkah.com untuk mendukung penjualan produk milik para perajin dan IKM.

Inovasi ini seiring transformasi ke arah digital untuk memfasilitasi perajin dan IKM se-Kalteng memasarkan dan mempromosikan produknya secara daring atau online.

Pengembangan tokokaltengberkah.com ini didukung sepenuhnya oleh pemprov khususnya Gubernur Sugianto Sabran. Masyarakat bisa mengakses tokokaltengberkah.com dan mencari berbagai produk perajin dan IKM Kalteng, mulai dari herbal, ragam kerajinan, makanan, aksesoris, tas, batik, hingga batik.

Tak hanya berkaitan tentang promosi dan jual beli produk milik perajin dan IKM, dalam e-commerce ini dalam pengembangannya juga menyediakan informasi lainnya, seperti informasi seputar pariwisata daerah.

Baca juga: Kalteng Expo jadi sarana tingkatkan promosi dan peluang investasi

Baca juga: Dekranasda-Disdagperin Kalteng bantu perajin purun kembangkan usaha berkelanjutan