Bupati Kapuas tinjau pasar, pastikan kondisi bapok masih stabil

id Bupati kapuas ben brahim tinjau pasar, pemkab kapuas, inflasi, pasar induk kapuas, barang kebutuhan pokok kapuas, kuala kapuas

Bupati Kapuas tinjau pasar, pastikan kondisi bapok masih stabil

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi sejumlah jajaran saat meninjau salah satu pedagang yang berjualan di kawasan Pasar Induk Kapuas, Senin, (12/9/2022).  ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Ben Brahim S Bahat mengatakan, sejumlah barang kebutuhan pokok masyarakat di kabupaten setempat masih tetap stabil.
 
Hampir semua bahan pokok relatif stabil harganya dan diharapkan harga ini tetap stabil untuk kedepannya, kata Ben di Kuala Kapuas, Senin.
 
"Kita pun akan berjuang, terutama untuk bagaimana sayur-sayuran di Kapuas ini dapat disiapkan dari produk lokal dan begitu juga dengan telur,” katanya.
 
Hal itu disampaikan oleh orang nomor satu di Kabupaten Kapuas ini, usai melakukan peninjauan kawasan Pasar Induk Kapuas guna mengecek harga bahan pokok di sejumlah pedagang yang berjualan.
 
Kegiatan ini dipimpin langsung Ben Brahim didampingi Sekretaris Daerah Septedy, para kepala perangkat daerah dan instansi terkait lainnya.
 
Peninjauan dilakukan di sejumlah titik khususnya kepada para pedagang yang berjualan bahan pokok, untuk melihat apakah terdapat kenaikan harga yang signifikan sebagai imbas dari naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) saat ini.

Baca juga: Polda Kalteng tangkap penimbun 1,3 ton BBM bersubsidi di Kapuas
 
Dikatakannya, dalam peninjauan yang dilakukan pihaknya kali ini, harga bahan pokok seperti cabai, bawang merah, bawang putih, beras dan telur masih stabil. Sedangkan untuk harga ayam potong mengalami kenaikan Rp2-3 ribu rupiah.
 
Melalui hasil yang didapatkan dari peninjauan langsung ini, nantinya akan ditindaklanjuti oleh dinas terkait atau Tim Inflansi Daerah Kabupaten Kapuas, yang mana secara periodik setiap minggu turun langsung ke lapangan untuk mengecek harga bahan pokok.
 
“Dari pengecekan ini nantinya dilaporkan ke tingkat provinsi, supaya misalnya ada kenaikan harga akibat kekurangan bahan pokok di provinsi, kita bisa membantu untuk menyuplai bahan dari Kapuas, begitu juga sebaliknya,” terangnya.
 
Hal ini, tambahnya, agar harga-harga bahan pokok di Kalteng, khususnya di Kabupaten Kapuas, tetap stabil sehingga tidak ada inflansi atau kenaikan harga yang signifikan.

Baca juga: DPRD Kapuas terima usulan KPU terkait RAB Pilkada 2024 Rp56 miliar

Baca juga: Satlantas Polres Kapuas tindak 27 pengendara gunakan knalpot bising