Optimalkan pembahasan tiga raperda, DPRD Kalteng bentuk pansus

id Wakil Ketua DPRD Kalteng, Jimmy Carter, DPRD Kalteng, DPRD Kalimantan Tengah, Kalteng, Kalimantan Tengah, Pansus DPRD Kalimantan Tengah, pansus DPRD K

Optimalkan pembahasan tiga raperda, DPRD Kalteng bentuk pansus

Wakil Ketua DPRD Kalteng Jimmy Carter (kanan) saat menerima laporan reses dapil I yang diserahkan melalui Kuwu Senilawati saat rapat paripurna di ruang rapat paripurna DPRD Kalteng, Selasa (13/9/2022). ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kalteng.

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kalimantan Tengah Jimmy Carter mengumumkan bahwa pihaknya kembali membentuk dua panitia khusus, yang bertugas mempercepat dan mengoptimalkan pembahasan tiga rancangan peraturan daerah yang diajukan pemerintah setempat.

Pansus pertama diketuai oleh Freddy Ering yang bertugas membahas raperda Pajak dan Retribusi Daerah, kata Jimmy saat memimpin rapat paripurna ke-11 masa persidangan II tahun sidang 2022 di ruang Rapat Paripurna DPRD Kalteng, Selasa.

"Pansus kedua diketuai oleh Siti Nafsiah yang bertugas membahas raperda Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, maupun raperda Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor," ucapnya.

Dia pun berpesan kepada pimpinan dan anggota pansus yang telah dibentuk tersebut, agar dapat langsung bekerja serta menjalin komunikasi dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah pusat melalui kementerian terkait. Sebab, ketiga raperda tersebut harus benar-benar sesuai dengan aturan di atasnya dan menjawab kondisi yang terjadi di provinsi ini.

"Tim dari eksekutif kami minta juga lebih aktif berkoordinasi dengan Pansus, agar pembahasan raperda dapat lebih cepat dan sesuai harapan kita bersama," kata Jimmy.

Baca juga: Penyandang cacat dan lansia penerima BLT BBM minta diprioritaskan

Selain pengumuman pansus, rapat paripurna tersebut juga mendengarkan laporan hasil reses pimpinan dan anggota DPRD Kalteng ke daerah pemilihannya masing-masing. Di mana laporan reses dapil I yang meliputi Kota Palangka Raya, Katingan dan Gunung Mas dibacakan oleh Kuwu Senilawaty, Dapil II meliputi Kabupaten Kotawaringin Timur dan Seruyan disampaikan Sudarsono.

Kemudian laporan reses dapil III meliputi Kabupaten Kotawaringin Barat, Lamandau dan Sukamara disampaikan Wisma, dapil IV meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara dan Murung Raya disampaikan Sirajul Rahman, dan dapil V meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau disampaikan Muhajirin.

Setelah mendengarkan laporan reses masing-masing dapil, Paripurna dilanjutkan Pidato Ketua DPRD Kalteng pada Penutupan Masa Persidangan II (kedua) Tahun Sidang 2022, sekaligus Pembukaan Masa Persidangan III (ketiga) Tahun Sidang 2022.
 Dan, sambutan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran yang dibacakan Wakil Gubernur Edy Pratowo pada Penutupan Masa Persidangan II (kedua) Tahun Sidang 2022, sekaligus Pembukaan Masa Persidangan III (ketiga) Tabun Sidang 2022.

Baca juga: DPRD Kalteng minta perda dan pergub karla lebih disosialisasikan