Video Kuat Ma'ruf dihajar Sambo hingga dilarikan ke rumah sakit hoaks

id Video Kuat Ma'ruf dihajar Sambo ,hoaks,Ma'ruf,Kuat Ma'ruf

Video Kuat Ma'ruf dihajar Sambo hingga dilarikan ke rumah sakit hoaks

Tersangka Kuat Ma'ruf bersiap memeragakan salah satu adegan rekonstruksi di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo yang merupakan tempat kejadian perkara di Jalan Duren Tiga Barat, Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta, Selasa (30/8/2022). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/YU/aa.

Jakarta (ANTARA) - Supir pribadi Irjen Pol. Ferdy Sambo, Kuat Ma'ruf diklaim telah dilarikan ke rumah sakit karena dihajar tuannya, demikian sebuah unggahan di Facebook pada 6 September 2022.

Kuat Ma'ruf telah ditetapkan sebagai salah satu tersangka pada kasus pembunuhan Brigadir J, selain Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi, serta Bharada E, dan Bripka RR.

Unggahan Facebook yang menyertakan video berdurasi enam menit 37 detik itu menampilkan judul "Dihajar Ferdy Sambo hingga tak sadarkan diri, om Kuat dilarikan kerumah sakit."

Unggahan video itu telah dilihat lebih dari lima ribu kali, disukai oleh lebih dari 140 pengguna lain Facebook dan mendapatkan 15 komentar.

Namun, benarkah video itu menampilkan Kuat Ma’ruf yang dilarikan ke rumah sakit karena dihajar Ferdy Sambo?
 
Unggahan video hoaks yang mengklaim Kuat Ma'ruf dilarikan ke rumah sakit karena telah dihajar oleh Ferdy Sambo. (Facebook)

Penjelasan:
Video dalam unggahan Facebook itu tersebut tidak menyebutkan Kuat Ma’ruf dihajar Sambo hingga dilarikan ke rumah sakit, sebagaimana penelusuran ANTARA terhadap unggahan video itu.

Video berdurasi lebih dari enam menit itu justru berisi kumpulan klip berita terkait Ferdy Sambo, maupun opini sejumlah pihak, dalam kasus pembunuhan terhadap Brigadir J.

Kumpulan klip pada unggahan video di Facebook itu berasal dari berita TV One, maupun pendapat Refly Harun sebagaimana terdapat pada siniar pribadinya, termasuk ketika berbincang dengan Kamaruddin.

ANTARA tidak menemukan cupilkan video yang menampilkan informasi sahih Kuat Ma'ruf telah dihajar Ferdy Sambo pada unggahan di Facebook itu.

Tidak terdapat pula penjelasan resmi dari Mabes Polri, pengacara Ferdy Sambo, atau Komnas HAM terkait kabar yang muncul di Facebook itu.

Dengan demikian, pernyataan Kuat Ma’ruf dihajar Sambo hingga dilarikan ke rumah sakit merupakan kabar bohong.

Klaim: Video Kuat Ma’ruf dihajar Sambo hingga dilarikan ke rumah sakit
Rating: Hoaks/salah