Bupati Bartim siap tekan inflasi sesuai arahan Gubernur Kalteng

id Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas, Kabupaten Barito Timur, Barito Timur, Bartim, Kalteng, inflasi, inflasi di kalteng, inflasi di bartim, bartim te

Bupati Bartim siap tekan inflasi sesuai arahan Gubernur Kalteng

Bupati Bartim Ampera AY Mebas. ANTARA/Habibullah.

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas menyatakan bahwa dirinya beserta seluruh organisasi perangkat daerah di kabupaten setempat, siap melaksanakan tugas melakukan penekanan inflasi sesuai arahan Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran.

"Kita akan berupaya menekan inflasi daerah karena inflasi akan mempengaruhi daya beli dan menghambat kesejahteraan masyarakat," kata Ampera di Tamiang Layang, Sabtu.

Menurutnya, inflasi akan memberikan dampak buruk jika tidak ditanggulangi. Salah satu dampak yang sangat signifikan dan bisa terjadi yakni terjadinya peningkatan angka kemiskinan. Dampak itu menjadi perhatian dan menjadi kekhawatiran semua pihak dan diharapkan tidak terjadi

Ampera mengatakan Gubernur Kalteng telah mengapresiasi pemerintah daerah yang telah mencanangkan gerakan nasional pengendalian inflasi pangan, serta kegiatan pasar murah dan operasi pasar sembilan bahan pokok (sembako) yang telah dilaksanakan beberapa daerah.

"Pak Gubernur Kalteng juga meminta semua kepala daerah untuk melakukan pemetaan komoditas pangan strategis, dengan pusat produksi pangan yang berada di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kapuas dan Pulang Pisau," kata Ampera.

Baca juga: Wabup Bartim sebut pelayanan RSUD Tamiang Layang sudah jauh meningkat

Menurutnya, hal tersebut disampaikan Gubernur Kalteng ketika dirinya bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Sosial ikut menghadiri Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Provinsi Kalteng tahun 2022, di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (15/9) kemarin.

"Pemkab Bartim akan membuat strategi pengendalian inflasi daerah dan mitigasi dampak inflasi daerah di tingkat desa dan kelurahan," kata Ampera.

Strategi yang akan dilaksanakan instansi teknis nanti juga perlu dukungan yang melibatkan semua pihak untuk bekerjasama mengatasi inflasi daerah. Hal ini juga sesuai arahan Gubernur Kalteng agar pelaksanaannya dimulai dari tingkat desa, kelurahan, kecamatan dan tingkat kabupaten. Inovasi dan terobosan akan dilakukan untuk menjaga daya beli masyarakat dan produktivitas sektor-sektor unggulan daerah.

Baca juga: Bartim optimalkan TTPKS BT cegah terjadinya konflik sosial

Baca juga: RSUD Tamiang Layang optimalkan fungsi Unit Humas

Baca juga: Bupati Bartim tinjau peningkatan jalan Gumpa-Mangkarap