Gubernur Kalteng: Lima capaian prestasi pembangunan di Barsel tahun 2022

id Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, Kalimantan Tengah, Penjabat Bupati Barito Selatan, Lisda Arriyana, Barsel, Barito Selatan, capaian barse

Gubernur Kalteng: Lima capaian prestasi pembangunan di Barsel tahun 2022

Penjabat Bupati Barito Selatan Lisda Arriyana (tengah) saat acara memperingati hari jadi ke-63 Barito Selatan di Buntok, Rabu (21/9). ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok, Kalteng (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menyatakan ada lima capaian prestasi pembangunan kabupaten setempat yang telah terlaksana di Kabupaten Barito Selatan selama tahun 2022.

Pernyataan itu disampaikan Sugianto melalui sambutan yang dibacakan Penjabat Bupati Barito Selatan Lisda Arriyana acara peringatan hari jadi ke-63 Barito Selatan, di Buntok, Rabu.

"Capaian prestasi itu dimulai dari Barsel terpilih sebagai kabupaten terbaik tiga se-Kalteng pada penilaian kinerja delapan konvergensi penurunan stunting tahun 2021," ucapnya.

Penilaian kinerja delapan konvergensi penurunan stunting tahun 2021 itu, lanjut dia, berasal dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia melalui Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pembangunan Daerah.

"Untuk capaian prestasi kedua yakni mendapatkan penghargaan dari Gubernur Kalimantan Tengah karena keberhasilan mempertahankan bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK)," terangnya.

Kemudian, capaian prestasi pembangunan ketiga yakni terpilihnya desa Baru, Kecamatan Dusun Selatan sebagai peringkat pertama pada lomba Inovasi Tepat Guna tingkat provinsi Kalimantan Tengah.

"capaian prestasi keempat, kerjasama dan kemitraan bersama insan pers yang terjalin dengan baik dalam kemajuan pembangunan sumber daya wartawan," jelasnya.

Sedangkan capaian prestasi kelima yakni terjalinnya sinergitas dan partisipasi aktif dalam menciptakan suasana kamtibmas yang kondusif dengan Kepolisian.

Untuk itu, ia berpesan, agar capaian prestasi pembangunan yang telah diraih ini supaya dipertahankan dan bahkan terus ditingkatkan lagi.

"Terkait berbagai kekurangan dan permasalahan yang masih dihadapi harus segera dievaluasi dan diperbaiki dalam upaya percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah ini," tambah Lisda Arriyana.

Pada kesempatan itu ia juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada semua mantan Bupati dan Wakil Bupati, tokoh masyarakat, akademisi dunia usaha, insan pers.

"Termasuk semua elemen masyarakat  yang selama ini telah berperan dan mendukung pembangunan Kabupaten Barito Selatan agar terus semakin maju, sejahtera dan bermartabat," demikian Sugianto.

Baca juga: Perwakilan Barsel ikuti lomba inovasi teknologi tepat guna tingkat nasional

Acara hari jadi Barito Selatan itu dimeriahkan dengan penampilan dua artis ibukota yakni Delon dan Vina Sharon Vantura yang berlangsung dihalaman kantor bupati setempat.

Dalam kegiatan tersebut, pemerintah kabupaten Barito Selatan menyiapkan stand-stand makanan untuk diberikan kepada masyarakat secara gratis.

Pada peringatan hari jadi ke-63 Barito Selatan itu dihadiri Asisten Pemerintahan dan kesra Provinsi Kalimantan Tengah, Katma F. Dirun dan sejumlah bupati serta wakil bupati dari kabupaten di provinsi Kalimantan Tengah ini.

Baca juga: Peringati HUT Barsel ke-63, Penjabat Bupati bersama BPK salurkan bansos

Baca juga: DPRD dan Pemkab Barsel sepakati dua raperda menjadi perda

Baca juga: Pemkab Barsel optimistis pasar murah mampu tekan inflasi