PT Maju Aneka Sawit bantu Rp100 juta untuk normalisasi Sungai Kenyala

id PT Maju Aneka Sawit bantu Rp100 juta untuk normalisasi Sungai Kenyala, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, pt mas, Maju Aneka Sawit, musim m

PT Maju Aneka Sawit bantu Rp100 juta untuk normalisasi Sungai Kenyala

Perwakilan manajemen PT Maju Aneka Sawit menyerahkan bantuan uang untuk pembiayaan sewa alat berat yang digunakan dalam normalisasi Sungai Kenyala, Jumat (14/10/2022). ANTARA/HO-PT MAS

Sampit (ANTARA) - Perusahaan besar perkebunan kelapa sawit PT Maju Aneka Sawit (MAS) memberikan bantuan sebesar Rp100 juta kepada Pemerintah Desa Kenyala Kecamatan Telawang Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah untuk kegiatan normalisasi sungai di desa itu. 

"Kami menilai pengerukan untuk normalisasi ini penting agar Sungai Kenyala bisa dimanfaatkan lebih optimal lagi. Makanya perusahaan kami terpanggil untuk membantu normalisasi sungai ini," kata kata General Manager Musim Mas Group Regional Kalimantan Tengah Rusli Salim di Sampit, Sabtu. 

Bantuan diserahkan kepada Kepala Desa Kenyala Sahewan Harianto pada Jumat (14/10). Turut hadir menyaksikan, Camat Telawang Siagano serta perwakilan pejabat TNI dan Polri setempat. 

Bantuan uang Rp100 juta tersebut merupakan bagian dari realisasi program tanggung jawab sosial atau CSR (corporate social responsibility) PT Maju Aneka Sawit. Uang itu untuk membantu pembiayaan operasional alat berat yang digunakan untuk pengerukan atau normalisasi Sungai Kenyala. 

PT Maju Aneka Sawit yang merupakan anak perusahaan Musim Mas Group, selalu berupaya membantu pemerintah daerah dan masyarakat, khususnya di desa-desa sekitar perusahaan. Normalisasi Sungai Kenyala adalah salah satu wujud kepedulian perusahaan ini karena sungai tersebut masih dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Kenyala dan sekitarnya. 

Normalisasi dilakukan dengan pengerukan alur sungai tersebut. Pendangkalan akibat sedimentasi lumpur membuat fungsi sungai itu kurang maksimal padahal masih dibutuhkan masyarakat. 

Pengerukan akan dilakukan sepanjang sembilan kilometer pada sungai dengan lebar lima hingga enam meter tersebut. Jika normalisasi selesai, diharapkan dapat mendukung aktivitas masyarakat semakin lancar. 
Kepala Desa Kenyala Sahewan Harianto disaksikan Camat Telawang Siagano menandatangani berita acara terkait bantuan normalisasi Sungai Kenyala oleh PT Maju Aneka Sawit, Jumat (14/10/2022). ANTARA/HO-PT MAS

Normalisasi sungai ini juga diharapkan dapat mencegah banjir, terlebih saat musim hujan seperti sekarang. Setelah lumpur dikeruk, arus aliran air diharapkan semakin lancar sehingga sungai tidak sampai meluap meski saat curah hujan tinggi. 

"Kami senang bisa membantu normalisasi ini. Mudah-mudahan setelah normalisasi ini, Sungai Kenyala semakin bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menunjang aktivitas masyarakat kita," harap Rusli Salim. 

Sementara itu, Camat Telawang Siagano dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasihnya kepada PT SSM dan PT MAS atas bantuan tersebut. Normalisasi sungai ini sangat bermanfaat bagi masyarakat di wilayah setempat. 

"Kami berterima kasih atas kepedulian pihak perusahaan dalam membantu normalisasi sungai ini. Dengan normalisasi ini diharapkan sungai ini bisa berfungsi maksimal sehingga dapat mendukung kegiatan masyarakat," kata Siagano. 

Hal senada disampaikan Sahewan Harianto. Dia atas nama pemerintah dan masyarakat Desa Kenyala menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas bantuan PT SSM dan PT MAS dalam menormalisasi Sungai Kenyala. Normalisasi sungai tersebut sudah lama diharapkan masyarakat. 

"Kami sangat senang karena selama ini sudah sering aspirasi disampaikan masih agar sungai ini dinormalisasi. Kini harapan itu bisa dikabulkan berkat bantuan dari pihak perusahaan. Kami sangat berterima kasih," demikian Sahewan Harianto. 

Baca juga: PT Maju Aneka Sawit bergerak cepat bantu korban banjir di Desa Hanjalipan

Baca juga: Pasar murah minyak goreng PT Maju Aneka Sawit sasar pusat kota dan desa

Baca juga: Warga Desa Penyang sukses panen ikan bantuan PT Maju Aneka Sawit