PDIP targetkan menang Pileg 2024 di Gunung Mas

id PDIP targetkan menang Pileg 2024 di Gunung Mas, kalteng, gumas, gunung mas, pemilu

PDIP targetkan menang Pileg 2024 di Gunung Mas

Ketua DPD PDIP Kalteng Arton S Dohong didampingi Ketua DPC PDIP Gunung Mas Akerman Sahidar, memberi keterangan usai membuka Rakercab III PDIP Gunung Mas di Kuala Kurun, Sabtu (15/10/2022). ANTARA/Chandra

Kuala KurunĀ  (ANTARA) - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kalimantan Tengah, Arton S Dohong menargetkan partai berlambang banteng moncong putih itu bisa menang pada Pemilihan Legislatif 2024 di Kabupaten Gunung Mas.

“PDIP berkeinginan kuat untuk menang pada Pileg 2024 di Gunung Mas,” ucapnya usai membuka Rapat Kerja Cabang III PDIP Gunung Mas di Kuala Kurun, Sabtu.

Dia mengaku belum menargetkan jumlah kursi yang ingin diraih pada Pileg 2024 di Gunung Mas. PDIP akan berupaya keras agar bisa meraih kursi lebih banyak dari partai-partai lain.

Kemenangan menjadi target PDIP, terlepas apakah nantinya ada perubahan susunan alokasi kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunung Mas per daerah pemilihan.

“Ada atau tidak ada perubahan alokasi kursi di suatu dapil, itu tidak berpengaruh pada target PDIP. Untuk strateginya itu rahasia,” kata Arton sembari tersenyum simpul.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Gunung Mas, Akerman Sahidar mengatakan, ada 30 orang yang mendaftarkan diri sebagai bakal calon anggota legislatif DPRD Gunung Mas melalui PDIP, untuk Pileg 2024.

Baca juga: KPU Gunung Mas verifikasi faktual enam partai politik

Rinciannya 12 orang mendaftar di dapil I yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kurun. Sebanyak 11 orang mendaftar di dapil II yang meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya. Kemudian sembilan orang mendaftar di dapil III yang meliputi Kecamatan Tewah, Kahayan Hulu Utara, Miri Manasa, dan Damang Batu.

Puluhan nama tersebut telah diserahkan kepada DPD PDIP Kalteng. Mereka juga akan mengikuti tes psikologi, yang rencananya dilakukan secara virtual.

Lebih lanjut, rakercab dilaksanakan dengan tujuan melakukan sinkronisasi terhadap hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II dan hasil Rapat Kerja Daerah (Rakerda) III tahun 2022, serta mempersiapkan partai dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Peserta rakercab adalah pengurus DPC PDIP Gunung Mas, kepala, sekretaris dan bendahara badan sayap partai, serta ketua, sekretaris dan bendahara pengurus anak cabang (PAC) dari 12 PAC,” demikian Akerman.

Untuk diketahui, saat ini PDIP memiliki tujuh kursi di DPRD Gunung Mas. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak jika dibandingkan dengan partai-partai lain. 

Baca juga: Bupati Gunung Mas berharap PWRI bersinergi dengan pemkab

Baca juga: Seleksi CAT panwaslu kecamatan di Gumas diikuti 103 peserta

Baca juga: Bupati Gumas imbau masyarakat jaga kamtibmas selama Tiwah