Pemkab Gunung Mas komitmen dukung dan sukseskan pemilu

id Pemkab Gunung Mas komitmen dukung dan sukseskan pemilu, kalteng, gumas, gunung mas, jaya s monong

Pemkab Gunung Mas komitmen dukung dan sukseskan pemilu

Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong menyampaikan arahan saat pembukaan rakor penyelenggaraan Pemilu 2024 serta pengenalan aplikasi SIAKBA, di Kuala Kurun, Selasa (8/11/2022). ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong menyatakan bahwa pemerintah kabupaten berkomitmen untuk mendukung, serta menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024.

“Pemkab Gunung Mas mendukung penuh demi suksesnya Pemilu 2024,” ucapnya usai pembukaan rapat koordinasi penyelenggaraan Pemilu 2024 serta pengenalan aplikasi Sistem Informasi Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Ad Hoc (SIAKBA), di Kuala Kurun, Selasa.

Pemkab Gunung Mas siap mendukung, baik dari sisi anggaran maupun operasional yang diperlukan, supaya pelaksanaan berbagai tahapan Pemilu 2024 bisa berjalan dengan baik, aman, dan lancar.

Orang nomor satu di lingkup Pemkab Gunung Mas ini juga memerintahkan kepada pemerintah kecamatan, desa dan kelurahan, untuk turut mendukung dan menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024.

Camat, kepala desa, dan lurah beserta jajaran berperan penting dalam menyukseskan Pemilu 2024. Salah satunya dengan menyosialisasikan kepada masyarakat, terkait tahapan-tahapan pemilu yang sedang dan akan dilaksanakan oleh KPU Gunung Mas.

“Saya mengajak masyarakat Gunung Mas dan seluruh pemangku kepentingan, untuk bersama-sama menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024. Dengan dukungan seluruh pihak, saya yakin pesta demokrasi akan sukses,” kata dia.

Baca juga: Ketua DPRD Gumas: Kades dan BPD harus jalin kemitraan

Sementara itu, Sekretaris KPU Gunung Mas, Jimmy Winarta menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk menyosialisasikan tahapan, peran dan tugas masing-masing stakeholders, dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

Sasaran yang dituju adalah pemerintah kecamatan, desa/kelurahan, yang secara langsung bersentuhan dan bisa memberikan informasi kepada masyarakat, khususnya di wilayah kecamatan, desa/kelurahan masing-masing;

Tujuan lainnya adalah sebagai ajang silaturahmi, diskusi, saran masukan, sekaligus berkoordinasi, untuk kelancaran serta tertibnya penyelenggaraan Pemilu 2024, yang tentunya perlu dukungan dari pemerintah mulai tingkat kabupaten, kecamatan, desa/kelurahan.

Kegiatan diikuti oleh camat dan kepala seksi pemerintahan dari seluruh kecamatan, serta seluruh kades, lurah atau yang mewakili, se-Gunung Mas. Kegiatan dilaksanakan hingga 10 November 2022.

“Narasumber kegiatan ini berasal dari berbagai macam instansi yang berkaitan langsung dalam penyelenggaraan pemilu, seperti  Pemkab Gunung Mas, KPU Kalteng dan KPU Gunung Mas, Kepolisian, Kejaksaan, dan Badan Pengawas Pemilu,” demikian Jimmy Winarta.

Baca juga: Berikut desa dengan partisipasi pemilih tertinggi pada pilkades di Gumas

Baca juga: Bupati Gumas ingatkan pemberhentian perangkat desa harus prosedural

Baca juga: Ketua DPRD Gunung Mas imbau penerima BSU taati jadwal penyaluran