DPRD Gumas apresiasi sejumlah desa atas tingkat partisipasi pilkades

id Dprd gunung mas, ketua dprd gumas akerman sahidar, pilkades serentak, gunung mas, kuala kurun, gumas

DPRD Gumas apresiasi sejumlah desa atas tingkat partisipasi pilkades

Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas, Akerman Sahidar bersama Bupati Jaya S Monong, Forkopimda, serta sejumlah perwakilan desa yang memiliki tingkat partisipasi pemilih tertinggi, berfoto bersama usai pembukaan pembekalan bagi kades terpilih, di Kuala Kurun, Senin (7/11/2022). (ANTARA/HO-Diskominfosantik Gunung Mas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Akerman Sahidar mengapresiasi sejumlah desa yang memiliki tingkat partisipasi pemilih tertinggi, pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Gelombang III tahun 2021 dan Gelombang I tahun 2022.

“Saya harap desa-desa lain menjadi terpacu, berupaya semaksimal mungkin dalam meningkatkan partisipasi pemilih pada pelaksanaan pilkades berikutnya,” ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Selasa.

Pria kelahiran Kelurahan Rabambang, Kecamatan Rungan Barat ini menyebut, salah satu indikator untuk mengukur kesuksesan pelaksanaan suatu pesta demokrasi adalah tingkat partisipasi pemilih.

Semakin tinggi tingkat partisipasi pemilih dalam suatu pesta demokrasi, menandakan sudah cukup baiknya kesadaran masyarakat untuk menentukan arah pembangunan selama beberapa tahun ke depan melalui hak suara yang dimiliki.

Oleh sebab itu, dia menyampaikan apresiasi kepada sejumlah desa di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’, yang memiliki tingkat partisipasi pemilih tertinggi saat pelaksanaan Pilkades Gelombang III tahun 2021 dan Gelombang III tahun 2022.

“Saya juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat, panitia pemilihan tingkat desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), panitia pemilihan tingkat kecamatan, kepolisian, dan seluruh pihak yang telah menyukseskan pelaksanaan pilkades di Gunung Mas,” ucap Akerman.

Baca juga: Bupati izinkan ASN Pemkab Gumas jadi bagian penyelenggara pemilu

Sebelumnya, Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong memberi penghargaan kepada sejumlah desa, yang memiliki tingkat partisipasi pemilih tertinggi, pada pelaksanaan Pilkades Serentak Gelombang III tahun 2021 dan Gelombang I tahun 2022.

“Pada pelaksanaan Pilkades Serentak Gelombang III tahun 2021, desa dengan tingkat partisipasi pemilih tertinggi adalah Bereng Malaka di Kecamatan Rungan, dengan tingkat partisipasi pemilih sebesar 98 persen," katanya.

Di tempat kedua adalah Desa Tumbang Mujai di Kecamatan Rungan Hulu, dengan tingkat partisipasi 93 persen. Sedangkan di tempat ketiga adalah Desa Luwuk Kantor di Kecamatan Rungan, dengan tingkat partisipasi 91 persen.

Kemudian, pada pelaksanaan Pilkades Serentak Gelombang I tahun 2022, desa dengan tingkat partisipasi pemilih tertinggi adalah Jalemu Masulan di Kecamatan Rungan Barat, dengan tingkat partisipasi sebesar 96,97 persen.

“Di tempat kedua adalah Desa Batu Tangkoi di Kecamatan Kahayan Hulu Utara, dengan tingkat partisipasi 96,15 persen. Sedangkan di tempat ketiga adalah Desa di Kecamatan Kurun, dengan tingkat partisipasi 94,70 persen,” demikian Jaya.

Baca juga: Pemkab Gunung Mas komitmen dukung dan sukseskan pemilu