Tim Pagelaran Promosi Bartim tampil di TMII Jakarta

id Tim promosi Bartim tampil di Jakarta, Tim Pagelaran Promosi Bartim tampil di TMII Jakarta, sekda barito timur, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Ten

Tim Pagelaran Promosi Bartim tampil di TMII Jakarta

Sekda Barito Timur Panahan Moetar (tengah) foto bersama sekaligus melepas Tim Pagelaran Promosi Daerah Bartim di Tamiang Layang, Rabu (30/11) kemarin. Tim Pagelaran Promosi Daerah Bartim dilepas untuk mengikuti opening Ceremony di Anjungan Kalteng TMII Jakarta pada Sabtu (3/12). ANTARA/Habibullah.

Tamiang Layang (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Panahan Moetar memastikan bahwa Tim Pagelaran Promosi Daerah telah siap menampilkan atraksi, baik seni tari hingga “Tumet Leut” di anjungan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta.

"Mereka sudah siap tampil dalam acara opening ceremony di Anjungan Provinsi Kalteng TMII pada Rabu (3/12) nanti," kata Panahan melalui telepon genggam dari Tamiang Layang , Kamis.

Menurutnya, telah dilaksanakan berbagai latihan-latihan dan persiapan saat di Kabupaten Barito Timur. Salah satunya penampilan di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Mantawara, Rabu (30/11). Tim Pagelaran Promosi Daerah juga akan melakukan latihan penyempurnaan saat berada di Jakarta. Latihan finishing ini dilakukan untuk mematangkan kesiapan sebelum penampilan atraksi kesenian di TMII Jakarta.

Dijelaskan Panahan, kegiatan menampilkan kesenian asli Kabupaten Barito Timur merupakan upaya mempromosikan adat budaya dan kesenian daerah. Kegiatan tersebut diharapkan memberikan efek domino yakni sebagai ajang menarik minat pengunjung.

"Kami juga mengharapkan ada wisatawan yang tertarik untuk melihat ada, budaya dan kesenian di Kabupaten Barito Timur," kata Panahan.

Sebagai orang nomor satu di jajaran ASN di Kabupaten Barito Timur, Panahan juga mengharapkan pada kegiatan-kegiatan lainnya Tim Pagelaran Promosi Daerah Barito Timur bisa dipanggil dalam kegiatan-kegiatan lainnya.

Baca juga: Wabup Bartim minta seluruh OPD mempercepat penyerapan anggaran

"Saya sudah menyampaikan kepada tim, jika berhasil membuat pengunjung atau penonton terkesan maka kemungkinan pada kegiatan-kegiatan yang bergengsi berikutnya kita akan dipanggil," kata Panahan.

Tim Pagelaran Promosi Daerah Barito Timur merupakan bentukan Pemerintah Kabupaten Barito Timur melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Barito Timur.

Tim Pagelaran Promosi Daerah Barito Timur berencana menampilkan Tarian Dadas, Tarian Gelang dan Tumet Leut. Tumet Leut merupakan lantunan nada bahasa atau bernyanyi dengan menggunakan bahasa atau sastra kuno yang disebut Pangunraun dari suku Dayak Maanyan.

Baca juga: Luasan lahan program sawit masyarakat di Bartim capai 844 hektare

Baca juga: Pemkab perkuat kewaspadaan dini di Barito Timur

Baca juga: Pemkab Bartim janjikan jalan lingkar timur tuntas 2023