AP II kembali aktifkan posko terpadu Natal dan Tahun Baru

id Angkasa Pura I,Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten,posko terpadu natak,ap ii

AP II kembali aktifkan posko terpadu Natal dan Tahun Baru

EGM KCU PT Angkasa Pura II, Dwi Ananda Wicaksana. (Azmi)

Tangerang (ANTARA) - PT Angkasa Pura II (Persero) Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten kini mengaktifkan kembali posko terpadu pengamanan dan pelayanan bagi penumpang selama libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Tadi pagi Pak Menhub (Menteri Perhubungan) melalui Sekretaris Jenderal Perhubungan Udara telah membuka 20 Posko Nataru," ungkap EGM KCU PT Angkasa Pura II, Dwi Ananda Wicaksana di Tangerang, Senin.

Ia mengatakan, di Bandara Soetta sendiri, posko terpadu Natal dan Tahun Baru tersebut sudah aktif mulai dari tanggal 15 Desember 2022 hingga 11 Januari 2023.

Pengaktifan posko tersebut, ditujukan guna menjaga aspek keamanan, pelayanan dan kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

Baca juga: Angkasa Pura II proyeksikan layani 60 juta penumpang pada tahun ini

"Untuk posko utama berada di Terminal 1B Bandara Soetta, sedangkan posko-posko layanan lainnya berada di masing-masing terminal," katanya.

Ia menyebutkan, selain untuk keamanan, pengaktifan posko terpadu juga merupakan tindak lanjut dari instruksi Kementerian Perhubungan membuka terkait pembukaan posko Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023 di 20 bandara se-Indonesia.

Kemudian, untuk kondisi jumlah penumpang melalui Bandara Internasional Soetta diprediksi kemungkinan terjadi lonjakan pada tahun ini yang berbarengan liburan sekolah.

"Lonjakannya sedikit karena ada kendala, yakni harga tiket tinggi sehingga tidak mendukung," ujarnya.

Berdasarkan data Office In Charge Bandara Soetta, jumlah pergerakan penumpang dalam satu hari sekitar 120 ribu orang, baik yang datang maupun pergi dari bandara terbesar di Indonesia ini.

Sementara, berdasarkan data yang disampaikan oleh Kementerian Perhubungan bahwa jumlah penumpang pesawat tahun ini meningkat sekitar 53,18 persen, sehingga sejumlah maskapai penerbangan melakukan 98 penerbangan tambahan dengan 17,400 kursi.

"Puncak kepadatan tahun ini diprediksikan akan terjadi pada 23-26 Desember 2022, dan untuk arus balik akan terjadi pada 30 Desember dan 2 Januari 2023," kata dia.

Baca juga: AP II akan terapkan Eco-Green Airport di seluruh bandara

Baca juga: AP II memprediksi penumpang Soetta H-2 dan H-1 lebaran di bawah 135.000

Baca juga: Layanan taksi listrik kini hadir di Bandara Soekarno-Hatta

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2022