Kaum perempuan Gumas diharap jadi inspirasi bangun ketahanan keluarga

id Kaum perempuan Gumas diharap jadi inspirasi bangun ketahanan keluarga, kalteng, gumas, gunung mas

Kaum perempuan Gumas diharap jadi inspirasi bangun ketahanan keluarga

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong, didampingi istri Mimie Mariatie (kiri kedua) dan Wakil Bupati Efrensia LP Umbing (kiri), menyerahkan piala kepada pemenang lomba kebaya, saat perayaan Hari Ibu di Kuala Kurun, Rabu (21/12/2022). ANTARA/HO-Diskominfosantik Gunung Mas

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong berharap kaum perempuan di wilayah setempat menjadi inspirasi, dalam membangun ketahanan keluarga untuk pemulihan ekonomi.

Pemulihan ekonomi yang dimaksud di sini khususnya pasca terjadinya pandemi COVID-19 dan ancaman krisis ekonomi di tahun 2023, ucapnya saat peringatan Hari Ibu ke-94 di Kuala Kurun, Rabu.

“Di tengah isu krisis ekonomi dan krisis pangan, kaum perempuan didorong untuk mengambil peran penting dalam menciptakan kewirausahaan melalui usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) serta ketahanan keluarga,” sambungnya.

Orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kabupaten Gunung Mas ini menyebut, perempuan sebagai ibu bangsa merupakan garda terdepan dalam mendidik dan mengasuh anak, untuk menghasilkan generasi penerus bangsa yang berkualitas.

Selain itu, tutur dia, kaum perempuan diharap ambil bagian dan turut serta dalam percepatan penurunan stunting atau anak gagal tumbuh karena kekurangan gizi, di wilayah setempat.

Sementara itu, Wakil Bupati yang juga selaku Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Gunung Mas, Efrensia LP Umbing mengatakan, ada beberapa tujuan dari pelaksanaan peringatan Hari Ibu ke-94.

Baca juga: Jelang Nataru, Bupati Gumas pastikan stok bapok aman

Tujuan itu di antaranya adalah untuk memaknai  kembali sejarah pergerakan kaum perempuan Indonesia di masa lalu, yang menjadikan kaum perempuan masa kini menjadi motor penggerak keberhasilan pembangunan.           

Makna dan tujuan lainnya adalah untuk memotivasi kaum perempuan di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’, untuk terus meningkatkan kualitas, karya, dan kemampuan dalam berbagai bidang pembangunan.

Dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-94, GOW Gunung Mas melaksanakan kegiatan bakti sosial seperti Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk anak terindikasi stunting. Itu dalam rangka mendukung percepatan penurunan stunting.

PMT dilakukan di Kelurahan Jakatan Raya Kecamatan Rungan pada 13 Desember 2022, lalu di Kelurahan Tewah, Kecamatan Tewah pada 17 Desember 2022, dan Kelurahan Tampang Tumbang Anjir Kecamatan Kurun yang akan dilakukan pada 28 Desember 2022

“Selain itu ada juga Bazar Gawin Bawi, yang menjual hasil olahan makanan, kerajinan tangan, batik lokal, dan lainnya, serta lomba kebaya antarorganisasi yang dilaksanakan bersamaan dengan acara puncak peringatan Hari Ibu ke-94 saat ini,” demikian Efrensia.

Baca juga: Bupati imbau Batamad Gunung Mas jaga kekompakan dan terus bersinergi

Baca juga: 144 peserta calon anggota PPK di Gumas jalani seleksi wawancara

Baca juga: Alokasi kursi DPRD setiap daerah pemilihan di Gumas berubah