144 peserta calon anggota PPK di Gumas jalani seleksi wawancara

id 144 peserta calon anggota PPK di Gumas jalani seleksi wawancara, kalteng, gumas, gunung mas

144 peserta calon anggota PPK di Gumas jalani seleksi wawancara

Suasana seleksi wawancara calon anggota PPK Kurun di kantor KPU Gunung Mas, Kamis (15/12/2022). ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Sebanyak 144 peserta dinyatakan lulus tahap seleksi tertulis calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunung Mas, Stepenson saat dihubungi dari Kuala Kurun, Kamis, mengatakan bahwa ke-144 peserta tersebut selanjutnya mengikuti seleksi wawancara mulai 14-16 Desember 2022.

“Seleksi wawancara sudah dimulai sejak Rabu (14/12). Kami melakukan seleksi wawancara calon anggota PPK Sepang, Mihing Raya, Manuhing, Manuhing Raya, Damang Batu, dan Miri Manasa,” sambungnya.

Seleksi wawancara calon anggota PPK Sepang dan Mihing Raya dipusatkan di Mihing Raya, seleksi wawancara calon anggota PPK Manuhing dan Manuhing Raya dipusatkan di Manuhing, serta seleksi wawancara calon anggota PPK Damang Batu dan Miri Manasa di Kecamatan Kahayan Hulu Utara.

Pada Kamis (15/12), seleksi wawancara dilakukan untuk calon anggota PPK Kurun, yang dipusatkan di Kurun. Kemudian untuk calon anggota PPK Rungan Barat dan Rungan, yang dipusatkan di Rungan. Lalu untuk calon anggota PPK Kahayan Hulu Utara yang dipusatkan di Kahayan Hulu Utara.

Baca juga: Pemkab Gumas tingkatkan kemampuan penyusunan rencana kerja

Selanjutnya pada Jumat (16/12), seleksi wawancara dilakukan untuk calon anggota PPK Tewah, yang dipusatkan di Tewah. Lalu untuk calon anggota PPK Rungan Hulu yang dipusatkan di Rungan Hulu.

Materi seleksi wawancara meliputi pengetahuan kepemiluan, komitmen yang mencakup integritas, independensi, loyalitas dan profesionalitas, rekam jejak, pengetahuan dasar komputer, serta klarifikasi masukan dan tanggapan masyarakat.

Lebih lanjut, ke-144 calon anggota PPK tadi terdiri dari 100 orang laki-laki dan 44 orang perempuan. Kecamatan dengan jumlah peserta terbanyak adalah Kurun sebanyak 16 orang, disusul Rungan Hulu, Rungan Barat, dan Tewah masing-masing 15 orang.

“Untuk pengumuman hasil seleksi wawancara rencananya akan dilakukan antara 17 hingga 19 Desember 2022 mendatang,” demikian Stepenson.

Baca juga: Alokasi kursi DPRD setiap daerah pemilihan di Gumas berubah

Baca juga: Tiga Kasat dan satu Kapolsek di Polres Gunung Mas berganti

Baca juga: Penerima BLT BBM tahap kedua di Gunung Mas bertambah