Ratusan peserta ikuti olahraga tradisional pada Festival Marunting Batu Aji

id pemkab kobar, festival budaya, marunting batu aji, olahraga tradisional, pangkalan bun, kotawaringin barat

Ratusan peserta ikuti olahraga tradisional pada Festival Marunting Batu Aji

Pelaksanaan lomba olahraga tradisional di kegiatan Festival Budaya Marunting Batu Aji, Pangkalan Bun, Selasa, (7/5/2024). (ANTARA/Safitri RA)

Pangkalan Bun (ANTARA) -
Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora), Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah menyelenggarakan kegiatan olahraga tradisional dan rekreasi yang dikemas dalam Festival Budaya Marunting Batu Aji 2024.
 
"Kegiatan ini merupakan salah satu komitmen kita, untuk tetap memelihara, mempromosikan olahraga tradisional dan kebudayaan yang menjadi bagian dari masyarakat di Kobar," kata Kepala Dispora Kobar Aqil Noor di Pangkalan Bun, Selasa.
 
Aqil mengatakan, kegiatan ini juga sebagai wadah untuk menyeleksi atlet-atlet terbaik olahraga tradisional di Kobar. Nantinya akan dikirim mengikuti rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun ke-67 Provinsi Kalimantan Tengah dalam Festival Budaya Isen Mulang pada 18-24 Mei 2024 di Kota Palangka Raya.
 
Dia menyebutkan, pada agenda ini ada empat cabang olahraga tradisional yang diselenggarakan di antaranya lomba balogo, bagasing, menyumpit, serta lomba sepak sawut.
 
"Kurang lebih ada 423 peserta yang mengikuti lomba olahraga tradisional ini yang diikuti oleh putra dan putri dari berbagai sekolah di wilayah Kobar," sebutnya.

Baca juga: Pemkab Kobar anggap penting memberikan pelayanan kepemudaan
 
Lanjutnya, kegiatan tersebut dilaksanakan selama empat hari yang dimulai dari 7-10 Mei 2024. Aqil menyampaikan, olahraga tradisional bukan hanya tentang gerakan fisik semata, tetapi juga tentang nilai-nilai, kearifan lokal dan solidaritas masyarakat.
 
"Mari kita bersama-sama menjaga, mempertahankan serta mengembangkan olahraga tradisional yang ada, agar olahraga ini tetap ada untuk generasi penerus kita nantinya," demikian Aqil Noor.

Baca juga: Pemkab Kobar dukung tindakan tegas terhadap pencuri buah sawit

Baca juga: DPUPR Kobar: Simba permudah masyarakat dapatkan informasi tata ruang

Baca juga: Empat pelaku penyerangan Polsek Pangkalan Banteng di amankan