Pemkab Gumas tingkatkan kemampuan penyusunan rencana kerja

id Pemkab Gumas tingkatkan kemampuan penyusunan rencana kerja, kalteng, gumas, gunung mas

Pemkab Gumas tingkatkan kemampuan penyusunan rencana kerja

Wabup Gunung Mas Efrensia LP Umbing membacakan sambutan tertulis Bupati Jaya S Monong, saat membuka bimtek di Kuala Kurun, Senin (13/12/2022). ANTARA/HO-Diskominfosantik Gunung Mas

Kuala Kurun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pegawai di lingkup pemkab setempat, dalam menyusun rencana kerja dan anggaran-satuan kerja perangkat daerah (RKA-SKPD) tahun 2023 menggunakan aplikasi Simda Next-G/ Financial Management Information System (FMIS).

Caranya adalah dengan melaksanakan bimbingan teknis dan pendampingan penyusunan RKA-SKPD 2023 menggunakan aplikasi Simda Next-G/FMIS, kata Bupati Gunung Mas Jaya S Monong dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati Efrensia LP Umbing, saat membuka kegiatan di Kuala Kurun, Senin.

“Bimtek ini diikuti oleh pegawai yang berasal dari  27 dinas/badan, 12 kecamatan, dan 13 kelurahan di lingkup Pemkab Gunung Mas,” sambung dia.

Bimtek ini juga merupakan tindak lanjut untuk meningkatkan SDM dalam proses pelaksanaan penyusunan RKA-SKPD tahun 2023 menggunakan aplikasi Simda Next Generation/FMIS, sesuai konsep pembangunan di Gunung Mas yakni smart human resources atau SMD yang cerdas.

Sebelumnya Pemkab Gunung Mas sudah menggunakan aplikasi simda. Tetapi perkembangan dinamika tata kelola keuangan daerah mengakibatkan pemkab harus menggunakan dua aplikasi, yakni SIPD dan Simda Next Generation/FMIS.

Baca juga: Alokasi kursi DPRD setiap daerah pemilihan di Gumas berubah

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Gunung Mas, Hardeman mengatakan, bimtek bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM dan pengetahuan pegawai terkait penyusunan RKA pada masing-masing SKPD.

Tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan pegawai dalam penyusunan RKA di unit kerja masing-masing secara lebih akuntabel.

Bimtek yang digelar selama dua hari, yakni 13-14 Desember 2022. Peserta berjumlah 158 orang, dengan rinciannya 108 pegawai di lingkungan dinas/badan, 24 orang pegawai di kecamatan, dan 26 orang pegawai di kelurahan.

“Sebagai narasumber di antaranya adalah Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Kalteng, serta Tim Simda-NG/BPKP Perwakilan Kalteng,” demikian Herdeman.

Baca juga: Tiga Kasat dan satu Kapolsek di Polres Gunung Mas berganti

Baca juga: Penerima BLT BBM tahap kedua di Gunung Mas bertambah

Baca juga: Legislator ajak masyarakat awasi penyaluran Kartu Gunung Mas Pintar