Sekda Kalteng serahkan bansos untuk masyarakat di Murung Raya

id Pemprov kalteng, sekda kalteng nuryakin, bansos mura, bantuan sosial, bansos sembako, puruk cahu, murung, mura, murung raya, kalteng, kalimantan tenga

Sekda Kalteng serahkan bansos untuk masyarakat di Murung Raya

Sekda Kalteng Nuryakin menyerahkan bansos sembako  di Halaman Kantor Kelurahan Beriwit, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya, Jumat (23/12/2022). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Nuryakin menyerahkan bantuan sosial (bansos) dengan berbagai peruntukan bagi masyarakat di Kabupaten Murung Raya, Jumat, (23/12).

"Bansos yang kami serahkan yakni untuk masyarakat di Kecamatan Murung yang terdampak banjir, masyarakat kurang mampu, hingga masyarakat yang akan merayakan Natal," kata Nuryakin.

Dia mengatakan, pemberian bansos sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, yakni sebanyak 738 paket bansos sembako dibagikan kepada masyarakat setempat.

"Gubernur Kalimantan Tengah fokus terhadap isu-isu kesulitan rakyat, terlebih terhadap bencana alam banjir, inflasi dan kenaikan bahan bakar minyak (BBM)," jelasnya.

Baca juga: Sebuah tugboat terjebak gelombang tinggi di dekat perairan Kumai

Nuryakin pun menyampaikan salam hangat dari Gubernur Kalteng Sugianto Sabran yang berpesan agar masyarakat senantiasa optimis dan mampu melalui masa-masa sulit ini.

"Bansos ini merupakan wujud kehadiran pemerintah di tengah-tengah warga yang mengalami kesulitan menghadapi kondisi saat ini," ujarnya.

Dia menambahkan, bansos ataupun kegiatan lain seperti pasar penyeimbang merupakan solusi jangka pendek dan tidak mampu menyelesaikan masalah, tetapi setidaknya dapat mengurangi beban masyarakat.

"Solusi jangka panjang tentu akan diformulasikan kebijakan yang mampu memiliki daya tahan yang kuat, misalnya dengan memperkuat ketahanan pangan di masing-masing daerah," tegasnya.

Dia mengatakan, semangat kebersamaan yang akan memperkuat Kalteng untuk memiliki daya tahan dalam menghadapi situasi saat ini. Semangat kebersamaan itu juga yang akan mampu membuat jalan keluar dari kondisi saat ini dan selanjutnya secara bersama akan ditetapkan langkah ke depan, dengan belajar dari kondisi.

"Satu hal yang paling penting pesan gubernur, jaga kerukunan dan kedamaian dan rawat keberagaman di tanah penuh KeBERKAHan ini," ucap Nuryakin.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo telah melepas bansos untuk masyarakat terdampak banjir di wilayah DAS Barito yaitu Murung Raya, Barito Utara dan Barito Selatan.

Bansos sebanyak 30 ribu paket sembako tersebut sudah diserahkan oleh Tim Barisan Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser NU) Kalteng dan Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadyah (Kokam) Kalteng kepada masyarakat tedampak banjir di wilayah DAS Barito.