Bupati Kotim ajak masyarakat tingkatkan toleransi beragama

id Bupati Kotim ajak masyarakat tingkatkan toleransi beragama, kalteng, sampit, kotim, Kotawaringin Timur, Natal, tahun baru, bupati kotim, Halikinnor, D

Bupati Kotim ajak masyarakat tingkatkan toleransi beragama

Bupati Halikinnor dan rombongan berfoto bersama saat berkunjung ke rumah Ketua DPRD Rinie yang sedang merayakan Natal, Minggu (25/12/2022). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Halikinnor melaksanakan safari Natal seraya mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan toleransi kehidupan beragama sehingga situasi daerah selalu kondusif. 

"Toleransi antar umat beragama yang sudah sangat bagus di daerah kita, mari kita pertahankan, bahkan kita tingkatkan lagi," kata Halikinnor di Sampit, Minggu. 

Bupati Halikinnor menggelar safari Natal dengan mengunjungi sejumlah pejabat daerah setempat yang sedang merayakan Natal. Dia didampingi Dandim 1015/Spt Letkol Inf Abdul Hamid, Wakil Bupati Irawati, Sekretaris Daerah Fajrurrahman dan pejabat lainnya. 

Safari Natal dilaksanakan dengan mengunjungi rumah Ketua DPRD Kotawaringin Timur Rinie, rumah Kepala DPMPTSP Kalimantan Tengah Sutoyo dan Ketua Bapemperda DPRD Kotawaringin Timur Handoyo J Wibowo. 

Kedatangan bupati dan rombongan disambut antusias para pejabat yang sedang melaksanakan open house Natal. Suasana kekeluargaan sangat terasa meski berbeda keyakinan. 
Bupati Halikinnor disambut hangat saat berkunjung ke rumah Kepala DPMPTSP Kalimantan Tengah Sutoyo yang sedang merayakan Natal di Sampit, Minggu (25/12/2022). ANTARA/Norjani

Halikinnor mengatakan, dirinya atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah setempat menyampaikan selamat Hari Natal 2022 bagi yang merayakannya dan bersama-sama menyongsong tahun baru 1 Januari 2023.

"Ini membuktikan bahwa kita heterogen yaitu banyak agama, suku, adat istiadat maupun bahasa, tetapi tetap dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sesuai dengan semboyan kita Bhinneka Tunggal Ika. Beragam tapi tetap satu," ujar Halikinnor. 

Terkait perayaan Natal dan tahun baru, Halikinnor mempersilakan merayakan semeriah mungkin. Namun dia berpesan agar semua tetap dalam koridor ketentuan yang ada dan jangan berlebihan. 

"Jaga ketenteraman dan ketertiban. Jangan sampai karena asik merayakan, kemudian rumah tidak dikunci nanti kemalingan. Atau jaga api jangan sampai pas ditinggal terjadi kebakaran," timpalnya. 

Halikinnor berharap dalam suasana Natal dan tahun baru ini, khususnya di Kabupaten Kotawaringin Timur, situasi daerah semakin aman dan kondusif. Dia juga berharap pembangunan di daerah ini semakin meningkat sehingga kesejahteraan masyarakat bisa lebih baik lagi. 
Bupati Halikinnor dan FKPD saat safari Natal ke rumah Ketua Bapemperda DPRD Kotawaringin Timur Handoyo J Wibowo, Minggu (25/12/2022). ANTARA/Norjani

Sementara itu apresiasi dan terima kasih disampaikan Ketua DPRD Rinie atas kunjungan safari Natal yang dilaksanakan Bupati Halikinnor bersama pejabat lainnya. Dia mengaku senang atas kunjungan tersebut karena dapat semakin mempererat hubungan dan kebersamaan. 

"Terima kasih Pak Bupati sudah menyempatkan berkunjung ke rumah kami pada Natal ini. Ini sebuah kehormatan bagi kami. Kami berterima kasih. Selama ini kekompakan dan keharmonisan ini terus kita jaga dan tingkatkan," ujar Rinie. 

Apresiasi serupa disampaikan Kepala DPMPTSP Provinsi Kalimantan Tengah, Sutoyo. Sutoyo menyampaikan terima kasihnya karena Bupati Halikinnor menyempatkan berkunjung ke rumahnya dalam safari Natal ini padahal kondisi bupati masih dalam pemulihan pasca operasi kaki. 

"Terima kasih Bapak Bupati menyempatkan datang. Ini luar biasa bagi kami karena melihat kondisi beliau yang saat ini masih pemulihan," kata Sutoyo yang sempat menggandeng bupati saat turun dari mobil. 

Safari Natal yang dilaksanakan Bupati Halikinnor bersama rombongan berjalan lancar. Dia berpesan agar keharmonisan dan kerukunan hidup antarumat beragama ini selalu dijaga dan ditingkatkan. 

Baca juga: 36 warga binaan Lapas Sampit terima remisi khusus Natal

Baca juga: Wabup Kotim minta KNPI tidak dibawa ke politik

Baca juga: DLU batalkan dua keberangkatan tujuan Surabaya akibat gelombang tinggi