Wabup Kotim minta KNPI tidak dibawa ke politik

id Wabup Kotim minta KNPI tidak dibawa ke politik, kalteng, sampit, kotim, Kotawaringin Timur, Irawati, wabup kotim, KNPI kotim

Wabup Kotim minta KNPI tidak dibawa ke politik

Wakil Bupati Irawati menghadiri pembukaan KNPI Prenuer dan Musyawarah Daerah XV DPD KNPI Kotawaringin Timur di Gedung Wanita di Sampit, Jumat (23/12/2022). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Wakil Bupati Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah Irawati meminta Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) setempat tidak dibawa ke tanah politik praktis karena dikhawatirkan akan berdampak tidak baik bagi induk organisasi kepemudaan tersebut. 

"Jangan dibawa ke politik. Berorganisasi saja dengan baik," kata Irawati saat pembukaan KNPI Prenuer dan Musyawarah Daerah XV DPD KNPI Kotawaringin Timur di Gedung Wanita di Sampit, Jumat. 

Menurut Irawati berpolitik merupakan hak setiap orang, bahkan perlu didukung. Sudah hal umum kader-kader KNPI juga terlibat aktif menjadi politisi dan berkiprah di berbagai bidang. 

Namun Irawati menegaskan, secara organisasi KNPI tidak boleh dimanfaatkan untuk kepentingan politik praktis. KNPI harus tetap menjalankan fungsinya sebagai organisasi yang menjadi wadah pembinaan pemuda. 

Hal ini disampaikannya mengingat suhu politik akan meningkat menjelang pemilu 2024. Dia mendorong kader-kader terbaik KNPI untuk ambil bagian, namun tidak membawa organisasi KNPI pada tanah politik praktis. 

Baca juga: DLU batalkan dua keberangkatan tujuan Surabaya akibat gelombang tinggi

Irawati menilai selama ini KNPI Kotawaringin Timur telah berjalan dengan baik. KNPI telah menunjukkan kiprahnya dalam pembinaan kepemudaan serta membantu pemerintah. 

Secara khusus Irawati berpesan kepada Endra Rosana yang telah purna tugas setelah menduduki jabatan ketua KNPI Kotawaringin Timur selama dua periode, untuk tetap aktif berkontribusi secara keorganisasian dan pribadi. Kiprahnya dibutuhkan organisasi dan masyarakat. 

Sementara itu terkait pemilihan ketua KNPI Kotawaringin Timur periode 2022-2025, Irawati mendukung siapapun yang terpilih nantinya. Dia yakin semua kandidat adalah kader terbaik KNPI dan mempunyai visi misi yang baik pula untuk kemajuan organisasi. 

"Jangan ada gontok-gontokan. Siapapun yang terpilih nantinya harus kita dukung karena itulah pilihan terbanyak yang dihasilkan melalui proses yang demokratis dan transparan," ujar Irawati. 

Irawati berharap kepengurusan baru KNPI nantinya bisa meningkatkan kiprahnya di masyarakat dengan bersinergi bersama pemerintah daerah. KNPI diharapkan menjadi pelopor dalam menggerakkan pemuda untuk berkontribusi lebih besar lagi terhadap masyarakat dan pembangunan daerah ini. 

Baca juga: KNPI Kotim bersiap pilih ketua baru

Baca juga: Kadin Kotim perjuangkan nasib pengusaha lokal

Baca juga: Bupati Kotim pastikan kesiapan menggelar Porprov Kalteng