Ketua DPRD: Jalankan tupoksi jajaran dengan baik jelang tahun politik

id DPRD Palangka Raya,Ketua DPRD Palangka Raya Sigit K Yunianto ,Tahun Politik,Kalteng,Ketua DPRD: Jalankan tupoksi jajaran dengan baik jelang tahun poli

Ketua DPRD: Jalankan tupoksi jajaran dengan baik jelang tahun politik

Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto. ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto meminta seluruh anggota di lembaga legislatif agar tetap menjalankan tugas pokok serta fungsinya dengan baik, meskipun menjelang tahun politik.

"Saya minta kepada rekan-rekan tetap menjalankan fungsi dan tupoksi konstitusionalnya sehingga berjalan dengan baik, dengan tujuan tetap mewujudkan amanat rakyat, mensejahterakan rakyat serta mengutamakan kepentingan umum," katanya di Palangka Raya, Rabu.

Sigit menuturkan, di 2023 yang merupakan awal tahun politik semua partai peserta pemilihan umum (pemilu) 2024 segera melakukan berbagai persiapan dan kesiapan, untuk mendapatkan suara dari masyarakat.

Begitu pula dengan anggota DPRD Palangka Raya, yang nantinya kemungkinan besar akan ikut kembali mencalon legislatif di partainya masing-masing, akan terus berusaha menarik simpatik masyarakat agar mereka memilih mereka kembali.

"Sesuai jadwal kerja di DPRD Palangka Raya tahun ini masih sangat panjang, semuanya harus diselesaikan dengan baik yakni aspirasi dari daerah pemilihan (dapil) masing-masing juga harus diperjuangkan, agar bisa direalisasikan pemerintah kota (pemkot) setempat," ucap Sigit yang hobi olahraga motor gede itu.

Sigit yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (Adeksi) itu mengungkapkan, jadwal penyelenggaraan Pemilu presiden, legislatif dan kepala daerah telah disepakati. Sebab, berdasarkan kesepakatan, rencana Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

Waktu tersebut juga berbarengan dengan Pemilu Legislatif (Pileg), untuk memilih anggota DPR RI, anggota DPRD provinsi, anggota DPRD kabupaten/kota dan anggota DPD RI.

"Sementara itu pilkada untuk memilih gubernur, bupati dan wali kota akan  diselenggarakan secara serentak di seluruh daerah pada 27 November tentunya di tahun yang sama pula," bebernya.

Baca juga: Ketua DPRD: Tilang manual dapat menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas

Sigit juga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang berada di daerah itu, menjelang tahun politik jangan pernah mudah terprovokasi yang dapat memecah belah antar umat beragama.

"Provokasi tersebut diprediksi paling banyak bertebaran di media sosial baik itu facebook, instagram serta lain sebagainya. Tapi saya sangat yakin, masyarakat kita sudah sangat pintar dan tidak mudah diadu domba dengan hal-hal yang mudah membuat daerah tidak kondusif," demikian Sigit K Yunianto yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dewan Pimpinan daerah (DPD) PDI Perjuangan Kalteng itu.

Baca juga: Ketua DPRD: Cegah kebakaran pemukiman dengan memperhatikan instalasi listrik perumahan

Baca juga: DPRD Palangka Raya siap perjuangkan program pro rakyat di 2023

Baca juga: Sigit K Yunianto: Pencabutan PPKM tingkatkan perekonomian Palangka Raya