KKP tindaklanjuti usulan Teras Narang terkait pengembangan IBILAGA di Pulpis

id KKP, kkp tindaklanjuti usulan teras narang, teras narang, anggota dpd ri, dpd ri, kalimantan tengah, kalteng, ibilaga, ibilaga di pulang pisau, ikan g

KKP tindaklanjuti usulan Teras Narang terkait pengembangan IBILAGA di Pulpis

Anggota DPD RI Agustin Teras Narang saat melakukan kunjungan kerja ke IBILAGA di Pulang Pisau, belum lama ini. ANTARA/HO-Tim Teras Narang.

Palangka Raya (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, telah merespon surat resmi Anggota DPD RI Agustin Teras Narang per tertanggal 3 Januari 2023, yang meminta atensi terhadap Instalasi Budidaya Ikan Lokal Lahan Gambut (IBILAGA) di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

Respon dari KKP tersebut melalui surat yang berisi permintaan kepada Kepala Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Mandiangin di Kalimantan Selatan melakukan kunjungan ke lokasi IBILAGA bersama Pemkab Pulpis, kata Teras Narang melalui pesan singkat diterima di Palangka Raya, Kamis.

"Permintaan kunjungan kerja itu bagian dari sejauh mana IBILAGA di Pulpis dapat dikembangkan lebih progresif bagi pengembangan sektor perikanan Kalteng. Itu berarti juga adalah untuk kemajuan daerah kita tercinta, khususnya budidaya ikan lokal di lahan gambut," lanjut dia.

Mantan Gubernur Kalteng periode 2005-2015 itu pun berharap kepara para pengelola IBILAGA di Pulpis dan Pemkab setempat, dapat berkolaborasi untuk segera menginventarisir kebutuhan pengembangan yang dapat dilakukan bersama. Dengan begitu, diusulkan kembali secara detail kepada KKP.

"Tak lupa saya berharap usulan terkait Fish Market atau Pasar Ikan, dapat menjadi bagian dari usulan yang akan dibawa tim yang melakukan kunjungan," kata Teras Narang.

Baca juga: Dukung pengembangan IBILAGA di Kalteng, Teras Narang surati Menteri KKP

Senator asal Kalteng itu tak lupa mengajak semua pihak di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila ini, agar berkolaborasi membangun sektor perikanan, khususnya perikanan budidaya di lahan gambut yang menjadi ciri khas daerah setempat. Sebab, langkah yang dilakukan dirinya dalam mengusulkan pengembangan IBILAGA di Pulpis, merupakan bagian kecil upaya di hulu.

Dia mengatakan masih banyak pekerjaan lain hingga ke hilir yang perlu dipikirkan untuk menjadikan perikanan sebagai salah satu sumber kekuatan ekonomi di provinsi terluas di Indonesia ini.

"Kalteng merupakan bumi yang kaya potensi perikanan ini mempunyai 11 (sebelas) sungai besar. Kalteng juga punya luas perairan seluas 12.393,390 km2, dan total panjang garis pantai ± 703,91 km menghadap ke laut Jawa. Jadi, mari kita optimalkan," demikian Teras Narang.

Baca juga: Teras Narang dorong fish mart dibuat di lokasi budi daya ikan di Pulpis

Baca juga: Teras Narang yakin keputusan Megawati terkait capres terbaik bagi Bangsa Indonesia

Baca juga: Mencalon kembali ke DPD RI, Teras Narang apresiasi dukungan masyarakat Kalteng