Pemkot Palangka Raya terus tingkatkan kualitas pembangunan sektor pendidikan

id Disdik Kota palangka Raya,Palangka Raya,Kalteng,Jayani,Umi MAstikah ,Wakil Wali Kota Palangka Raya

Pemkot Palangka Raya terus tingkatkan kualitas pembangunan sektor pendidikan

Wakil Wali Kota Umi Mastikah (empat dari kiri) bersama Kadis Pendidikan Kota Palangka Raya saat berfoto bersama saat Audiensi Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbud Ristek RI, Dr. Sutanto bertempat di ruang rapat Peteng Karuhei I Kantor Wali Kota Palangka Raya, Rabu (15/2/2023). ANTARA/Dokumentasi Diskominfosantik Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Jayani mengatakan, pendidikan di kota setempat tak lepas dari peran pemerintah pusat dan daerah hingga bisa berkembang seperti sekarang ini.

"Sejumlah langkah sudah ditempuh pemkot setempat seperti peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) maupun sarana pendidikan, baik itu guru-gurunya dan sekolah penggerak tingkat Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP)," kata Jayani di Palangka Raya, Kamis.

Dia menuturkan, secara berkelanjutan pemkot terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan di daerah setempat, tidak hanya di dalam perkotaan melainkan di kawasan pinggiran.

"Sehingga masalah pendidikan di daerah setempat merata dan visi misi Wali Kota Palangka Raya seperti 'smart society' terwujud secara optimal dan ini komitmen pak wali melalui Dinas Pendidikan," ucapnya.

Baca juga: Kemenag Kalteng: Jamaah lunas setoran 2020 tak tambah pelunasan haji

Jayani mengungkapkan, peningkatan sarana dan SDM tersebut melalui Kurikulum Merdeka yang akan diterapkan secara berkelanjutan dan bertahap di seluruh Kota Palangka Raya pada 2023 ini.

"Kita siap laksanakan Kurikulum Merdeka di tahun ini. Maka dari itu kami mengajak sekolah-sekolah mengikuti program seleksi sekolah penggerak, program guru penggerak dan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka melalui jalur mandiri yang akan dibuka pada tahun ini," bebernya.

Sebelumnya dengan berjalan baiknya pelaksanaan pendidikan di suatu daerah, tentu tidak lepas dari peran penting pemerintah daerah, hingga pemerintah pusat.

Demikian hal tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mastikah, saat menerima audiensi Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbud Ristek RI, Dr. Sutanto, pada Rabu (15/2).

Pertemuan yang bertempat di Ruang Rapat Peteng Karuhei I Kantor Wali Kota Palangka Raya tersebut, turut dihadiri Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Kalteng, Anggota DPRD Palangka Raya, Kadis Pendidikan Kota Palangka Raya serta jajaran dinas terkait di lingkup Pemkot Palangka Raya.

"Terima kasih atas kedatangan rombongan Ditjen PAUD, Dikdas dan Dikmen ke Pemkot Palangka Raya. Kami berharap pertemuan ini selain menjalin silaturahmi juga sebagai wadah untuk saling berdiskusi dan tukar pikiran tentang program prioritas pendidikan," tutur Umi Mastikah.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya ajak masyarakat manfaatkan lahan kosong jadi produktif