Polresta Palangka Raya ajak anak usia dini tertib lalu lintas

id Polresta Palangka Raya,Satlantas Polresta Palangka Raya,Anak Usia Dini ,Palangka Raya,Kalteng

Polresta Palangka Raya ajak anak usia dini tertib lalu lintas

Anggota Satlantas Polresta Palangka Raya, Kalimantan Tengah memberikan edukasi terkait tertib berlalu lintas kepada anak usia dini yang bersekolah di TK Ar-Rahman kota setempat, Rabu (22/2/2023). ANTARA/Humas Polresta Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Palangka Raya, Kalimantan Tengah mengajak anak usia dini untuk menanamkan tertib berlalu lintas melalui program 'Polisi Sahabat Anak'.

Kanit Kamsel Satlantas Polresta Palangka Raya Ipda Lutfi Triwulan Sari di Palangka Raya, Rabu, mengatakan melalui program Polisi Sahabat Anak yang dilaksanakan di 'Huma Berkah' yang berada di komplek olahraga Isen Mulang, Jalan Tjilik Riwut Km 5 Kota Palangka Raya memberikan pendidikan masyarakat (dikmas) lalu lintas bagi para murid TK Ar-Rahman.

"Materi kita awali dengan mengedukasikan berbagai macam rambu-rambu lalu lintas yang umum ditemukan pada kawasan jalan raya, termasuk juga fungsi dari lampu lalu lintas dan sejumlah pengetahuan lalu lintas lainnya," katanya.

Lutfi berharap, dengan adanya program Polisi Sahabat Anak tersebut dapat memberikan bekal dan pengetahuan dasar bagi anak-anak sejak usia dini tentang pentingnya menjaga ketertiban saat berlalu lintas.

Karena anak-anak usia dini ketika diberikan pengetahuan terkait taat berlalu lintas, sangat melekat di ingatannya. Sehingga ketika mereka besar nanti, sudah mengetahui aturan lalu lintas saat melintas di jalan raya.

"Dengan tertanamnya materi-materi lalu lintas bagi anak sejak usia dini, kami pun tentunya berharap kelak mereka dapat menjadi para pelopor berlalu lintas yang baik dan benar bagi generasi muda, demi menularkan budaya tertib berlalu lintas," ucapnya.

Ditambahkannya, dengan hal-hal positif tersebut tentunya akan turut berperan secara tidak langsung dalam upaya bersama untuk menjaga kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban dan keselamatan arus lalu lintas di wilayah hukum Polresta Palangka Raya.

"Kalau masyarakat kita tertib berlalu lintas, tentunya tidak akan ada yang namanya pelanggaran lalu lintas serta kecelakaan yang fatal, karena kecelakaan lalu lintas itu terjadi diakibatkan karena lalainya si pengendara," ungkap Lutfi.

Dalam kegiatan tersebut Ipda Lutfi Triwulan Sari tidak hanya sendiri menyampaikan materi-materi yang diberikan ke anak usia dini, melainkan dirinya juga dibantu oleh Aipda Ade Hermanto dan Briptu Anggriyani F. Ginting.

Bahkan antusias anak-anak usia dini yang hadir dalam kegiatan Program Polisi Sahabat Anak mengikuti kegiatan sampai akhir dan mendengarkan apa yang disampaikan Polantas setempat.