Mahasiswa Fisipol UMPR lolos ajang ASIA Pacific Top Leadership Retreat

id Mahasiswa Fisipol UMPR lolos ajang ASIA Pacific Top Leadership Retreat, kalteng, palangka raya, umpr

Mahasiswa Fisipol UMPR lolos ajang ASIA Pacific Top Leadership Retreat

Mahasiswa Fisipol UMPR lolos ajang ASIA Pacific Top Leadership Retreat. ANTARA/HO-Fisipol UMPR

Palangka Raya (ANTARA) - Salah seorang mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) berhasil lolos untuk mengikuti ajang ASIA Pacific Top Leadership Retreat yang digelar di Singapura.

"Mahasiswa kami yang lolos pada acara yang digelar di Singapura pada 6-9 Maret itu adalah Tomy Aditya Wiguna, selaku mahasiswa aktif Program Studi Ilmu Administrasi Negara," kata Wakil Dekan 2, FISIP UMPR Noor Asiah MAP di Palangka Raya, Senin.

Tomy merupakan 20 dari 45 mahasiswa terbaik di ASIA-Pacifik yang mengikuti dan berpartisipasi dalam program pembentukan gagasan, ide, serta wawasan dari delegasi koordinator masing-masing negara.

Hal yang akan disampaikan pada kegiatan itu terkait hak asasi individual masyarakat disertai juga mengangkat bahasan isu-isu sosial terkait kebebasan individual dan pemenuhan terhadap kebebasan individu itu sendiri.

Tomy dinyatakan lolos sebagai salah satunya yang menempati posisi ke lima atau top lima di ASIA Pacific dan menjadi salah satu delegasi Indonesia. Ia pun otomatis mewakili Universitas Muhammadiyah Palangkaraya untuk mengikuti program di Singapura itu.

Baca juga: Mahasiswa BK dan PGSD UMPR jadi relawan tes psikotes PPDB

Kegiatan ASIA Pacific Top Leadership Retreat ini merupakan cara tahunan, untuk memberikan pembelajaran maupun mahasiswa pro kebebasan. Terutama yang memiliki kemampuan kompeten dan siap bersaing di era kontemporer dalam skala internasional.

"Kami ucapkan kebanggaan, semoga kegiatannya lancar dan menjadi motivasi kawan-kawan untuk 'go' internasional," katanya.

Di sisi lain, dalam upaya memberikan kesempatan mahasiswa "go" internasional, Fisipol UMPR juga telah membuka kesempatan magang internasional.

Diantara penempatan magang itu adalah di Kedutaan Besar Republik, Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur di Malaysia, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru di Malaysia dan KJRI di Kinabalu Malaysia.

Selain magang internasional, Fisipol UMPR juga membuka kesempatan magang penempatan nasional. Lokasinya adalah OJK di Jakarta, DPR RI di Jakarta, LKBN ANTARA di Jakarta, Ombudsman RI di Jakarta, RRI di Jakarta dan TVRI di Jakarta.

Baca juga: Fakultas Teknik dan Informatika UMPR tambah empat prodi baru

Baca juga: UMPR optimalkan manfaat hutan pendidikan sebagai pusat laboratorium alam

Baca juga: 14 prodi UMPR laksanakan Rekognisi Pembelajaran Lampau