Pemkot Palangka Raya-ULM kerja sama optimasi pemanfaatan potensi daerah

id kota palangka raya,hera nugrahayu,kalimantan tengah,unlam

Pemkot Palangka Raya-ULM  kerja sama optimasi pemanfaatan potensi daerah

Pemkot Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah-ULM dan Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah usai penandatanganan kerja sama di Banjarmasin, Kalimantan selatan, Selasa (8/3/2023). (ANTARA/HO-Protokol Komunikasi Palangka Raya)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah dan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Kalimantan Selatan menjalin kerja sama terkait upaya optimasi pemanfaatan potensi daerah.

"Kerja sama ini kami lakukan dalam berbagai bidang seperti pendidikan, penelitian serta pemanfaatan potensi daerah," kata Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu di Palangka Raya, Selasa.

Dia menjelaskan kerja sama dikuatkan dengan penandatangan kesepakatan bersama ini juga merupakan implementasi dari visi dan misi pembangunan Kota Palangka Raya.

"Untuk itu, kerja sama ini juga terkait program pengabdian kepada masyarakat, program merdeka belajar-kampus merdeka serta pembangunan dari sisi akademik dan non-akademik Kota Palangka Raya yang berkelanjutan dan menyeluruh," kata Hera.

Melalui kerja sama itu, Pemerintah "Kota Cantik" semakin maksimal dalam menata, mengelola, mengembangkan dan memanfaatkan potensi daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Taman Nyahu Palangka Raya dinyatakan ramah anak

Sementara itu, selain dengan ULM, Pemkot Palangka Raya juga menjalin kerja sama dengan Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Kerja sama terkait penagihan dengan kegiatan optimalisasi piutang daerah.

"Kami juga berharap, kerja sama ini semakin meningkatkan kapasitas kinerja aparatur dan lembaga-lembaga daerah melalui pengembangan manajemen, pengurusan dan pengelolaan piutang daerah," katanya.

Pemerintah kota terus bersinergi dengan berbagai pihak lain untuk mengatasi tantangan dan memaksimalkan pengelolaan potensi daerah, terutama
melalui berbagai penelitian dan kajian-kajian akademik sehingga semakin jelas dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.

Turut hadir pada acara itu, dari jajaran pejabat Pemkot Palangka Raya seperti Asisten I, Asisten II, Staf Ahli Wali Kota Palangka Raya Bidang Pemerintahan, Hukum, Politik Kota Palangka Raya, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah.

Baca juga: KPPBC Palangka Raya: Laporan bea cukai sarang walet tak ada