Bupati Kapuas: Jagau Linga dan Bawi Kameloh harus miliki kecerdasan

id Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Ben Brahim S Bahat, Kapuas, kalteng, Jagau Linga kapuas, Bawi Kameloh kapuas

Bupati Kapuas: Jagau Linga dan Bawi Kameloh harus miliki kecerdasan

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, bersama dengan Unsur Forkopimda Kabupaten Kapuas, menabuh Katambung tanda dimulainya pemilihan Jagau Linga dan Bawi Kameluh Pariwisata Kabupaten Kapuas Tahun 2023, Kamis (16/3/2023) malam. ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Ben Brahim S Bahat mengingatkan bahwa pemilihan Jagau Linga dan Bawi Kamelo atau Putra-Putri Pariwisata di kabupaten setempat, bukan hanya dinilai Cantik dan Tampan melainkan tetap harus memiliki kecerdasan.

"Disinilah kalian mengasah keterampilan, kemampuan, kecerdasan secara intelektual, emosional, dan kecerdasan spiritual," kata Ben Brahim di Kuala Kapuas, Jumat (17/3).

Hali itu disampaikan oleh orang nomor satu di Kabupaten Kapuas, saat membuka acara pemilihan Jagau Linga dan Bawi Kameloh Pariwisata Kabupaten Kapuas, Tahun 2023, dengan tema ‘Kontribusi Jagau Linga dan Bawi Kameloh Kabupaten Kapuas Dalam Pemulihan Kebangkitan Ekonomi Kreatif’, bertempat di Aula Rumah Jabatan Bupati Kapuas.

Lebih lanjut disampaikannya, bahwa ini juga bekal kalian kedepan menatap hari esok dengan percaya diri yang kuat, tetapi dengan tampil penuh dengan etika, tidak hanya memiliki kecantikan, keanggunan, kegagahan dan ketampanan. Jagau Linga Bawi Kameloh juga harus memiliki kecerdasan.

Bupati Ben menyampaikan apresiasi dan bangganya kepada Disbudpora Kabupaten Kapuas dan seluruh jajaran, yang selalu menggagas hal-hal yang bersifat kreatif, menggali budaya, sehingga budaya masyarakat yang terdahulu tidak tersingkirkan oleh budaya luar.

Melalui kegiatan yang dilaksanakan, Bupati dua priode ini, juga berharap kepada para peserta untuk selalu rendah hati. Karena rendah hati patut jadi renungan, harus terus percaya diri dan rendah hati untuk dapat tampil di even yang lebih tinggi. Hingga terpilih Jagau dan Bawi Kameluh Pariwisata Kabupaten Kapuas Tahun 2023. 

"Nantinya yang terpilih bertugas sebagai duta wisata dalam mendukung program pemerintah dalam pembangunan kepariwisataan," kata Ben Brahim.

Dirinya pun mengucapkan kepada seluruh finalis Jagau Linga dan Bawi Kameluh Pariwisata Kabupaten Kapuas tahun 2022, atas partisipasinya dalam kompetisi ini.

"Kalian telah menjadi duta wisata terbaik, yang berwawasan tentang budaya dan pariwisata serta berwawasan umum, berpenampilan menarik dan memiliki kemampuan publik speaking yang baik serta dapat menjadi ambasador dalam mempromosikan destinasi wisata di Kabupaten Kapuas," kata Ben Brahim.

Baca juga: Pemkab salurkan bantuan untuk korban kebakaran di Kapuas Hulu

Ajang pemilihan Jagau Linga dan Bawi Kameluh Pariwisata Kabupaten Kapuas Tahun 2023, menjadi salah satu agenda tahunan sekaligus memeriahkan rangkaian Hari Jadi Kota Kuala Kapuas ke-217 dan HUT Pemkab Kapuas.

Plt Kepala Disbudpora Kabupaten Kapuas, sekaligus Panitia pelaksana, Agusthe, melaporkan kegiatan pemilihan Jagau Linga dan Bawi Kameloh Pariwisata Tahun 2023 diselenggarakan selama enam hari, dalam rangka ikut memeriahkan HUT Kapuas.

"Dengan jumlah peserta sebanyak 67 orang yang terdiri dari kategori anak berjumlah 22 peserta, terdiri Bawi 17 orang dan Jagau 8 orang, kategori remaja berjumlah 13 peserta, terdiri Bawi 8 orang dan Jagau 6 orang serta kategori dewasa berjumlah 19 peserta terdiri Bawi 12 orang dan Jagau 7 orang," demikian Agusthe.

Baca juga: Wabup Kapuas ajak masyarakat turut melestarikan seni budaya daerah

Baca juga: Pemkab Kapuas Pastikan Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan, 1 desa 100 Pekerja Rentan

Baca juga: Bupati Kapuas minta kejuaraan sepak bola mini dilaksanakan setiap tahun