Ketua DPRD sebut Seruyan harus punya kawasan strategis

id Ketua DPRD sebut Seruyan harus punya kawasan strategis, kalteng, seruyan, dprd seruyan, zuli eko

Ketua DPRD sebut Seruyan harus punya kawasan strategis

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo di Kuala Pembuang, ANTARA HO-Publikasi DPRD Seruyan

Kuala Pembuang (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Zuli Eko Prasetyo meminta kepada pemerintah setempat bisa membuat perencanaan untuk membentuk kawasan strategis daerah, sehingga dapat meningkatkan perekonomian.

“Kawasan strategis daerah ini sangat penting untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat serta kemajuan daerah,” kata Zuli Eko di Kuala Pembuang, Selasa.

Dia mengatakan, inovasi harus dilakukan salah satunya membuat kawasan strategis daerah, sehingga di tempat tersebut bisa menjadi tempat tujuan masyarakat dari luar maupun dalam daerah serta di tempat tersebut. Selain itu bisa menjadi pusat perekonomian masyarakat.

“Kalau ada tempat yang bisa dikemas sebaik mungkin tentu banyak masyarakat yang datang ke tempat tersebut, kemudian para pelaku usaha juga bisa menggunakan fasilitas itu sebagai wadah mereka memasarkan produk yang diolah,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, Seruyan bukan kota lintasan namun sebagai kota wisata atau tujuan. Untuk itu destinasi wisatanya harus bisa dikembangkan dengan maksimal, sehingga masyarakat luar daerah bisa berkunjung ke Seruyan.

Baca juga: Ngaku sebagai wanita melalui aplikasi, seorang PNS di Seruyan ditipu Rp35 juta

Selain itu juga, hal yang bisa dikembangkan yaitu melanjutkan rencana ruang terbuka hijau (RTH). Hal ini sebagai daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

“Kalau dari segi tempat kita banyak sekali potensi hanya saja yang perlu dibenahi harus ditetapkan  sebagai kawasan strategis daerah, sehingga pembangunannya bisa dimaksimalkan,” jelasnya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu menambahkan hal yang perlu diperhatikan juga adalah perencanaan harus matang dan bisa berinovasi agar bisa bagus, sehingga dengan maksimalnya perencanaan pembangunan yang direncanakan tidak sia-sia atau mubazir.

“Kita minta Pemkab Seruyan bisa merencanakan dengan matang baik itu dari konsepnya hingga pembangunannya, agar pembangunan yang direncanakan bisa lebih baik, dan dapat membawa kesejahteraan dan peningkatan perekonomian masyarakat di Bumi Gawi Hantantiring ini,” demikian Eko.

Baca juga: UMPR-Pamkab Seruyan kerja sama peningkatan SDM melalui RPL

Baca juga: Dinas Pendidikan Seruyan kekurangan tenaga pengawas

Baca juga: DPRD Seruyan minta pengawas pendidikan aktif memantau langsung ke sekolah