Bupati Murung Raya lantik 39 pejabat di tahun akhir masa jabatan

id Bupati Murung Raya lantik 39 pejabat di tahun akhir masa jabatan, kalteng, murung Raya, puruk cahu

Bupati Murung Raya lantik 39 pejabat di tahun akhir masa jabatan

Bupati Murung Raya, Perdie M. Yoseph saat mengambil sumpah dan janji jabatanĀ 39 orang pejabat yang terdiri dari pejabat tinggi pratama, administrator dan pengawas yang dilaksanakan di Aula Setda Gedung B di Puruk Cahu, Selasa (21/3/2023). ANTARA/Supriadi

Puruk Cahu (ANTARA) - Bupati Murung Raya, Kalimantan Tengah, Perdie Midle Yoseph melantik 39 pejabat di tahun terakhir masa jabatannya, terdiri dari pejabat tinggi pratama, administrator dan pengawas yang dilaksanakan di Aula Setda Gedung B di Puruk Cahu.

Pelantikan pejabat itu sendiri merupakan pelantikan terakhir yang bisa dilakukan oleh Perdie sebagai Bupati Murung Raya sebelum masa jabatannya berakir pada Bulan September 2023 nanti, ujarnya di Puruk Cahu, Selasa.

“Sesuai peraturan pemerintah kita paling lambat saya bisa melantik pejabat pada tanggal 24 Maret 2023 nanti atau enam bulan sebelum jabatan saya sebagai bupati berakhir,” kata Perdie.

Perdie pada kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan pejabat pimpinan tinggi pratama, adminstrator dan pengawas lingkup Pemkab Murung Raya.

Menurut Perdie, pelantikan yang dilaksanakan tersebut merupakan hal yang dibutuhkan. Hal itu  di antaranya ada dua orang pejabat yang sudah memasuki masa pensiun, serta beberapa kepada bidang dan kepala seksi di dinas tertentu yang sudah pindah ke provinsi tetangga.

“Karena kalau hanya diisi oleh pejabat pelaksana tugas (Plt) maka akan berpengaruh terhadap kinerja yang ada, sementara kita mempunyai struktur APBD yang besar, yakni hampir Rp2 triliun dan tentu kalau namanya Plt kewenangannya juga terbatas sehingga perlu pejabat definitif,” tambah Perdie.

Baca juga: Pemkab Mura jalin kerja sama dengan Pemkab Bengkayang

Dalam kesempatan itu juga Perdie mengucapkan selamat kepada pejabat yang dilantik dan berpesan kepada yang tidak mendapat kesempatan dilantik untuk bisa menerima, tetap bersyukur dan meyakini segala sesuatu itu ada prosesnya.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Murung Raya, Lentine Miraya mengatakan pelantikan yang dilaksanakan kali ini terdapat dua orang pimpinan tinggi pratama, 19 orang administrator dan 18 orang pengawas.

Khusus untuk pelantikan pimpinan Tinggi Pratama, menurut Lentine merupakan lanjutan dari serangkaian proses seleksi terbuka pejabat tinggi Pratama tahun 2022 dan telah memperoleh rekomendasi dari KASN.

Untuk itu perlu segera dilakukan pelantikan terhadap peserta terbaik setelah jabatan yang diseleksi sudah benar-benar kosong atau pejabat definitif sudah pensiun.

“Sedangkan pengisian pejabat tingkat administrator dan pengawas seperti biasa dilakukan oleh tim evaluasi kinerja Kabupaten Murung Raya yang dulu kita kenal dengan istilah Baperjakat,” jelasnya lagi.

Baca juga: Pemkab Murung Raya sediakan ribuan paket pangan murah sambut Ramadhan

Baca juga: Bupati Murung Raya sebut musrenbang sebagai sarana percepatan pembangunan

Baca juga: Disdukcapil Murung Raya laksanakan uji publik standar pelayanan