Legislator kembali ingatkan warga agar waspada terhadap bencana banjir

id karianto saman,dprd barut,dprd barito utara,waspada banjir,barito utara,kalteng

Legislator kembali ingatkan warga agar waspada terhadap bencana banjir

Anggota DPRD Barito Utara Karianto Saman.ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Anggota DPRD Barito Utara, Karianto Saman kembali mengingatkan kepada masyarakat di daerah setempat khususnya bagi warga yang tinggal di bantaran sungai atau langganan banjir. 

"Intensitas curah hujan cukup tinggi beberapa hari terakhir ini di daerah ini,  sehingga ada kenaikan debit air DAS Barito dan dikhawatirkan bisa meluap dan terjadi banjir," kata Karianto di Muara Teweh, Sabtu.

Dia kembali mengimbau dan mengingatkan kembali kepada seluruh warga masyarakat di Kabupaten Barito Utara khususnya yang tinggal di bantaran Sungai Barito untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap musibah banjir yang saat ini sedang melanda.

Menurut dia, saat ini masuk dalam musim penghujan. Bagi warga masyarakat khususnya yang tinggal di tempat rawan banjir atau dataran rendah luapan sungai untuk selalu berhati-hati dan waspada.

Karianto juga menyampaikan, bahwa setiap ada kegiatan kunjungan kerja DPRD Barito Utara ke setiap desa-desa saat penyerapan aspirasi selalu menyampaikan ke warga agar selalu waspada ketika musim hujan turun apalagi bagi warga yang bermukim di dataran rendah rawan luapan air sungai.

"Ada beberapa  tempat yang rawan terhadap luapan air ketika musim hujan turun seperti di  Benao, Montallat di DAS Barito serta desa yang ada di hulu Sungai Lahei di wilayah Kecamatan Lahei maupun di hulu Sungai Teweh baik di  Kecamatan Gunung Purei dan Benangin, Kecamatan Teweh Timur," kata dia.

Selain itu, jelasnya, setelah memaksimalkan fungsi lembaga yang sudah ada seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), juga perlu upaya preventif seperti sosialisasi ke masyarakat secara langsung supaya ada pengetahuan warga cara penanganan awal antisipasi bencana seperti musibah kebakaran.

Dia mengatakan, bahwa Kabupaten Barito Utara merupakan daerah yang memang sangat besar potensi kekayaan alamnya, seperti pertambangan, perkebunan, dan lain-lainnya. Namun dari sisi negatifnya juga termasuk daerah rawan bencana.

"Seperti bencana kebakaran lahan dan rumah, bencana banjir seperti tingginya curah hujan sehingga meluapnya Sungai Barito, dan juga bencana tanah longsor sudah sangat sering dan kerap terjadi di setiap tahun," ujar Karianto.