Polresta imbau warga waspadai aksi pencurian jelang Lebaran

id POlresta Palangka Raya,Palangka Raya,Kalteng,Kompol Ronny M Nababan,Aksi Pencurian,pencurian jelang Lebaran

Polresta imbau warga waspadai aksi pencurian jelang Lebaran

Kasat Reskrim Polresta Palangka Raya, Kalimantan Tengah Kompol Ronny M Nababan. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Polresta Palangka Raya, Kalimantan Tengah meminta kepada warga yang berdomisili di daerah setempat untuk dapat meningkatkan kewaspadaan aksi pencurian yang mulai marak menjelang Lebaran.

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polresta Palangka Raya Kompol Ronny M Nababan di Palangka Raya, Selasa, mengatakan bahwa aksi pencurian saat ini marak terjadi sehingga masyarakat wajib meningkatkan kewaspadaan.

"Selain meningkatkan kewaspadaan masyarakat juga disarankan jangan pernah acuh antar sesama tetangga, karena hal tersebut selama ini dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya," katanya.

Ronny menuturkan, berdasarkan adanya laporan sejumlah kasus pencurian baik itu rumah kosong, rumah langsung toko dan lain sebagainya kepolisian setempat terus berusaha melakukan penyelidikan.

Penyelidikan tersebut dilakukan, agar pelaku kejahatan baik itu sindikat kejahatan pencurian serta lain sebagainya yang beraksi di wilayah 'Kota Cantik' julukan Palangka Raya dapat ditangkap.

"Untuk menangkap pelaku tentunya perlu kerja sama dari masyarakat, kepolisian tidak bisa berbuat banyak tanpa ada informasi dan petunjuk awal dari masyarakat. Maka dari itu ketika mengetahui tempat persembunyian pelaku kejahatan, segera saja laporkan ke kantor polisi terdekat," ucapnya.

Tidak hanya itu, sambung Perwira Polri berpangkat melati satu tersebut mengimbau kepada masyarakat agar selalu mengaktifkan kembali pos kamling di Bulan  Ramadhan 1444 Hijriah ini.

Pengaktifan pos kamling tidak lain selain menjaga keamanan dan ketertiban (kamtibmas) lingkungan kompleks perumahan juga bisa mengantisipasi adanya pelaku kejahatan yang hendak beraksi di pemukiman warga.

"Pada intinya mari kita jaga lingkungan kita agar selalu terhindar dari bahaya aksi pencurian serta tindak kejahatan lainnya. Apalagi menjelang Lebaran tentunya hal-hal yang bisa membuat gangguan kamtibmas akan terus diminimalisir agar tidak terjadi," kata Ronny.