Penyaluran Bansos Pangan di Bartim diharapkan sebelum Lebaran

id Pemkab bartim, bansos pangan 2023, beras bulog, cadangan pangan beras, bulog buntok, tamiang layang, bartim, barito timur

Penyaluran Bansos Pangan di Bartim diharapkan sebelum Lebaran

Kepala KCP Bulog Buntok Septaniasi (ketiga kiri) menyampaikan stok beras aman untuk Bansos Pangan 2023 saat rapat koordinasi persiapan penyalurannya Bansos Pangan 2023 yang dipimpin Asisten II Setda Bartim Amrullah di Tamiang Layang, Selasa (11/4/2023). (ANTARA/Habibullah )

Tamiang Layang (ANTARA) - Sebanyak 3.570 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah akan menerima Bantuan Sosial Pangan 2023.

“Tadi dilaksanakan rapat koordinasi persiapan penyalurannya Bansos Pangan 2023,” kata Asisten II Setda Barito Timur, Amrullah di Tamiang Layang, Selasa.

Rapat dilaksanakan agar penyalurannya diharapkan bisa secepatnya dalam sepekan ini. Per-KPM akan menerima 10 kilogram beras pada Bansos Pangan 2023 tahap I. Bansos Pangan 2023 diperuntukan selama tiga bulan yakni April, Mei dan Juni 2023.

Tambahnya, penyaluran diharapkan sebelum Lebaran 2023. Oleh karena itu dilaksanakan rapat koordinasi agar bantuan yang disalurkan nanti tepat sasaran dan benar-benar membantu masyarakat yang membutuhkan.

Baca juga: Bupati Bartim sebut Jalan Murutuwu rusak akibat truk melebihi kapasitas

Kepala Kantor Pos Tamiang Layang, Kusneli mengatakan, data KPM yang akan menerima Bansos Pangan 2023 memiliki kesamaan persis dengan Program Keluarga Harapan (PKH), karena sama dari Kementerian Sosial.

“Data KPM akan disampaikan ke masing-masing kecamatan,” kata Kusneli.

Kusneli menambahkan, bantuan ini atas inisiasi dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sebagai upaya menekan inflasi. Presiden berharap harga beras di pasar akan turun seiring diterimanya bansos pangan untuk masyarakat.

Baca juga: Camat se-Bartim diminta awasi proses tahapan Pilkades Serentak 2023

Kepala Kantor Cabang Pembantu (KCP) Badan Urusan Logistik (Bulog) Buntok Septaniasi menyatakan, beras pada Bulog Buntok saat ini aman dan tersedia untuk dibagikan kepada KPM pada Bansos Pangan 2023.

“Untuk di wilayah Barito Selatan sudah disalurkan. Stok beras untuk Bansos Pangan 2023 di Kabupaten Barito Timur aman,” kata Septaniasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Barito Timur, Lurikto mengatakan, sebagai pendamping penyaluran Bansos Pangan 2023, pihaknya berharap penyaluran bansos bisa terlaksana secara tertib dan lancar.

“Data KPM akan dibagikan kepada masing-masing camat, demikian pula dengan petunjuk teknisnya,” terang Lurikto.

Rapat koordinasi persiapan penyalurannya Bansos Pangan 2023 ini dipimpin Asisten II Setda Barito Timur Amrullah mewakili Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas didampingi Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Lurikto selaku moderator, Kepala Kantor Pos Tamiang Layang Kusneli, Kepala KCP Bulog Buntok Septaniasi, Kepala OPD terkait, Camat dan Lurah se-Kabupaten Barito Timur.

Baca juga: Bupati tegaskan program sawit rakyat murni untuk masyarakat Bartim