Polres Kobar dirikan delapan pos pengamanan mudik lebaran

id Kapolres Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Kalteng,AKBP Bayu Wicaksono, Kotawaringin Barat, kobar, posko mudik lebaran 2023 di kobar

Polres Kobar dirikan delapan pos pengamanan mudik lebaran

Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono saat memberikan keterangan kepada media. Selasa (18/04/2023) ANTARA/M Husein Asyari.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Kapolres Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, AKBP Bayu Wicaksono menyatakan bahwa pihaknya telah mendirikan delapan pos pengamanan dalam menghadapi puncak arus mudik Lebaran 1444 Hijriah. 

"Delapan pos pengamanan arus mudik akan kita dirikan di beberapa titik, seperti terminal, pelabuhan, bandara, dan titik-titik keramaian di Kotawaringin Barat," ujar Bayu di Pangkalan Bun, Selasa. 

Dijelaskan Kapolres, total 140 petugas gabungan yang di sebar ke posko posko mudik Lebaran tahun 2023 yang ada di Kotawaringin Barat guna dalam rangka pengamanan Lebaran.  Sementara untuk Polres sendiri menurunkan 62 personil, dan sisanya dari personil dari instansi lain seperti TNI, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Dishub, dan BPBD Kobar," ucap Kapolres. 

Kapolres juga menyampaikan, delapan pos tersebut di siapkan pihaknya yaitu bertujuan untuk memantau dinamika masyarakat dan dinamika Kamtibmas agar selalu kondusif.

"Contoh ada pembuatan pos pantau di Desa Karang Mulya yang berada di Kecamatan Pangkalan Banteng, itu kami tempatkan sebagai langkah antisipasi dalam tindak pidana yang berpotensi terjadi di sana, seperti pencurian, kekerasan dan yang lainnya," jelas Kapolres.

Tidak hanya itu,  pihaknya juga menyiapkan pos di Simpang Sulung, tepatnya di Kecamatan Pangkalan Lada, di dirikan pos di daerah tersebut, sebagai antisipasi pihaknya dalam mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas.

Baca juga: Tindaklanjuti perintah gubernur, PUPR Kalteng bangun 23 posko arus mudik 2023

"Untuk pos di simpang sulung itu sebagai antisipasi kami untuk mencegah terjadinya kecelakaan, sehingga dengan harapan pengendara apabila melihat pos tersebut ataupun petugas di sana, bisa mengatur kecepatan kendaraannya," pungkasnya.

Kapolres berharap dengan adanya posko Lebaran ini, pemudik bisa merasa aman dan nyaman saat di perjalanan mudiknya dan bisa berkumpul dengan keluarga dengan rasa bahagian di Hari Raya Idul Fitri.

"Silahkan mampir ke Posko Lebaran yang tersedia saat merasa capek, lelah atau ngantuk demi kenyamanan dan keselamatan bersama," demikian kata Kapolres.

Baca juga: Kemarin, Pemprov Kalteng sediakan mudik gratis hingga ASN diminta lapor bila terima gratifikasi Lebaran

Baca juga: DPRD Kalteng pantau kesiapan arus mudik Lebaran 2023

Baca juga: Bupati Sukamara ingatkan seluruh personel optimal dukung penyelenggaraan mudik Lebaran