Bupati Sukamara ingatkan seluruh personel optimal dukung penyelenggaraan mudik Lebaran

id Bupati Sukamara ingatkan seluruh personel optimal dukung penyelenggaraanmudik Lebaran, kalteng, sukamara

Bupati Sukamara ingatkan seluruh personel optimal dukung penyelenggaraan mudik Lebaran

Bupati Sukamara, Windu Subagio bersama Kapolres Sukamara AKBP Dewa Made Palguna SIK saat memantau kesiapan personel pengamanan arus mudik Lebaran pada apel gelar pasukan Operasi Ketupat Telabang 2023 di Mapolres Sukamara, Senin (17/4/2023). ANTARA/Donefrid Lalang

Sukamara (ANTARA) - Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah, Windu Subagio mengatakan, apel gelar pasukan Operasi Ketupat Telabang 2023 pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah merupakan momentum mengingatkan setiap satuan untuk selalu siap siaga dalam penangan arus mudik Lebaran.

“Ini momentum bagi kita semua untuk mengingatkan agar selalu siap siaga dalam menangani arus mudik lebaran di wilayah ini. Tujuannya supaya kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) tetap aman dan kondusif,” ucap Windu, usai memimpin Apel gelar pasukan di halaman Mapolres Sukamara, Senin.

Menurutnya, kelancaran dalam berlalu lintas juga menjadi poin utama dalam penanganan arus mudik tahun ini. Selain itu, kepada masyarakat yang sekiranya akan bepergian jauh, agar selalu memperhatikan situasi dan kondisi di dalam rumah, apakah semua barang elektronik sudah dimatikan atau belum.

“Jadi kepada masyarakat yang mudik lebaran ini, supaya dapat memperhatikan kondisi rumah dan mencabut semua barang-barang elektronik serta melaporkan kepada RT terkait bahwa rumah sedang dalam keadaan kosong,” imbuhnya.

Baca juga: Bupati Sukamara minta petugas kesehatan berikan pelayanan terbaik

Kapolres Sukamara, AKBP Dewa Made Palguna SIK MH menerangkan, bahwa anggota yang diturunkan dalam kegiatan Operasi Ketupat Telabang 2023 sebanyak 163 orang yang tergabung dalam pasukan tim inti bergerak dalam pelayanan yang disebut sebagai operasi kemanusiaan.

“Ada tiga tim kami bentuk salah satunya itu, dan dua tim lainnya yakni kegiatan rutin yang ditingkatkan dan giat pam masyarakat. Kami juga membentuk dan membangun tiga pos yakni pos pam, posyan, dan pos terpadu yang tergabung dengan stake holder lainnya,” jelas Dewa.

Pihaknya juga membangun pos pengamanan penyeimbang lainnya ditempatkan pada sejumlah objek-objek vital seperti di pantai dan di Bukit Jalunggga. Lokasi itu biasanya menjadi tujuan masyarakat berekreasi saat hari H nantinya.

“Kami juga bangun pos pam penyeimbang di beberapa titik lokasi wisata pantai dan wisata Bukit Jalungga. Karena berdasarkan histori pengalaman tahun-tahun kemarin di beberapa objek wisata, guna memberikan kenyamanan dan kenyamanan saat berwisata,” demikian Dewa.

Baca juga: Bupati Sukamara pererat silaturahmi bersama masyarakat di bulan Ramadhan

Baca juga: Pemprov Kalteng intervensi pasar di sejumlah kabupaten, jaga stabilisasi harga jelang Lebaran

Baca juga: Bupati Sukamara pastikan rencana pembangunan dan anggaran sesuai target