Bupati harapkan kualitas pendidikan di Lamandau semakin baik

id Pemkab lamandau, bupati lamandau, hendra lesmana, nanga bulik, lamandau, hardiknas lamandau

Bupati harapkan kualitas pendidikan di Lamandau semakin baik

Peringatan Hardiknas di Lamandau, Nanga Bulik, Selasa, (2/5/2023). (ANTARA/HO-Pemkab Lamandau)

Nanga Bulik (ANTARA) - Bupati Lamandau, Kalimantan Tengah Hendra Lesmana mengharapkan agar kualitas pendidikan di kabupaten setempat semakin baik ke depannya.

Hal itu dia sampaikan di sela peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 di Kabupaten Lamandau yang dilaksanakan tepat di hari pertama masuk sekolah usai libur di halaman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat.

"Kurikulum Merdeka Belajar yang telah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara," katanya.

Baca juga: Disdukcapil Kotim ajak masyarakat manfaatkan layanan di Mal Pelayanan Publik

Cita-cita luhur dimaksud, adalah pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

Saat ini, para peserta didik dapat belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri.

Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikan, saat ini dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan dalam melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

"Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar," jelasnya saat  menyampaikan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset  dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim.

Adapun dalam kegiatan tersebut, selain diikuti perwakilan siswa-siswi dari sekolah jenjang SD hingga SMA sederajat, juga turut dihadiri Wakil Bupati Lamandau, Sekda, serta Forkopimda.

Sementara itu, bupati juga menyerahkan piagam ucapan terima kasih dan bingkisan kepada tenaga pengajar yang purna tugas, hingga penyerahan secara simbolis bantuan sepeda motor untuk Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan (KWKBP) di delapan kecamatan.

Baca juga: Peringatan Hardiknas di Kotim tekankan penguatan Merdeka Belajar