Indonesia ke semifinal usai taklukkan Timor Leste

id timnas indonesia,semifinal,kalahkan,timor leste,sea games 2023,kamboja

Indonesia ke  semifinal usai taklukkan Timor Leste

Pemain Timnas Indonesia U-22 Muhammad Ramadhan Sananta (kanan) berebut bola dengan Penjaga gawang Timor Leste Georgino Jose Alexandro Mandonca Da Silva (kiri) pada pertandingan babak penyisihan grup A SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Minggu (7/5/2023). Timnas Indonesia menang atas Timor Leste dengan skor 3-0. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nym.

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Indonesia U-22 memastikan tiket ke semifinal SEA Games 2023 setelah menaklukkan Timor Leste dengan kemenangan 3-0 pada pertandingan Grup A yang dimainkan di Olympic Stadium, Phnom Penh, Minggu sore WIB


Berkat kemenangan itu, Indonesia memuncaki klasemen Grup A dengan koleksi 9 poin. Koleksi poin Indonesia mustahil dikejar tim posisi kedua Kamboja yang baru mengumpulkan empat poin, maupun tim posisi ketiga Myanmar dan tim posisi keempat Timor Leste, yang keduanya baru mengumpulkan tiga poin.

Gol pertama Garuda Muda dalam pertandingan itu dibukukan oleh Ramadhan Sananta pada menit ke-45. Gol tersebut merupakan gol ketiga Ramadhan pada SEA Games kali ini. Setelah turun minum, Indonesia memperbesar keunggulannya melalui dua gol Fajar Fathur Rahman yang terukir pada menit ke-62 dan 75.

Indonesia mencoba mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu. Peluang bagus didapat Witan Sulamen pada menit ketujuh melalui tembakannya yang dapat ditahan kiper Timor Leste Georginio.

Timor Leste mencoba balas menekan. Ancaman coba diberikan oleh Mouzinho yang tembakannya dapat diblok pergerakan cepat Komang Teguh. Mouzinho kembali mendapatkan peluang saat ia melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, yang masih dapat ditangkap kiper Muhammad Adisatryo.

Pemain sayap Indonesia Fajar Fathur Rahman memiliki peluang untuk mencetak gol indah. Sayangnya sepakan voli Fajar dari situasi kemelut masih melambung di atas mistar gawang Timor Leste.

Indonesia yang kerap kesulitan menembus pertahanan Timor Leste sempat mendapat harapan, saat tendangan bebas Alfeandra Dewangga bergerak menjauhi pagar hidup pemain, sebelum bola kemudian membentur tiang gawang. Marselino Ferdinan kemudian melepaskan umpan silang yang mengenai pemain Timor Leste di kotak penalti, bola liar coba disambar Ramadhan, namun bola melambung ke atas gawang lawan.

Timor Leste kemudian memiliki dua peluang bagus. Mouzinho merangsek masuk ke kotak penalti dan melepaskan tembakan yang dapat ditangkap kiper Adisatryo. Setelah itu Luis Figo menanduk bola dari situasi tendangan sudut, yang kembali dapat diatasi Adisatryo.

Gol pemecah kebuntuan Indonesia baru tercipta menjelang turun minum. Fajar mengirimkan umpan silang dari sisi kiri, untuk disambut sundulan akurat Ramadhan masuk ke gawang Timor Leste. Babak pertama pun ditutup dengan keunggulan 1-0 bagi Indonesia.



Determinasi Indonesia tetap terjaga pada babak kedua. Peluang pertama didapat ketika Fajar bergerak cepat di sisi kiri pertahanan Timor Leste, namun bukannya mengirimkan umpan silang mendatar, Fajar justru mengirimkan umpan silang ke atas yang hanya mampu disundul ke atas mistar gawang oleh Ramadhan.

Fajar kemudian mampu menebus kesalahan operannya itu. Berawal dari operan Ananda Raehan di dalam kotak penalti, kali ini Fajar memilih untuk sedikit mengontrol bola, sebelum melepaskan tembakan kaki kiri yang bersarang di gawang Timor Leste.

Ramadhan berpeluang menambah koleksi golnya di SEA Games 2023 pada menit ke-64. Ia menerima umpan silang Bagas Kaffa, dan melepaskan sepakan "placing" yang sayangnya masih membentur tiang kanan gawang Georginio.

Timor Leste yang kerap ditekan sempat mencoba balas mengancam. Saat sepakan pemain pengganti Mario Donasio membentur mistar gawang Adisatryo pada menit ke-69.

Fajar kemudian mengemas gol keduanya di laga ini, sekaligus gol keempatnya di SEA Games 2023, pada menit ke-75. Diawali umpan Pratama Arhan, pemain pengganti Beckham Putra gagal menyambarnya, bola kemudian coba disepak Fajar dan mengenai tiang gawang. Bola pantul kemudian disambar lagi oleh Fajar dengan sepakan semi akrobatik, untuk berbuah gol penutup.

Beckham sebenarnya memiliki peluang bagus untuk mengemas gol keempat Indonesia pada fase akhir pertandingan. Sayangnya penempatan bola Beckham kurang akurat. Indonesia pun menutup laga dengan keunggulan 3-0.

Baca juga: Indra Sjafri bangga usai timnya tidak kebobolan dalam tiga laga

Baca juga: Indonesia diharapkan tak lengah saat hadapi Timor Timor Leste


Daftar susunan pemain:

Indonesia: Muhammad Adisatryo, Rio Fahmi, Rizky Ridho, Komang Teguh, Pratama Arhan, Ananda Raehan, Alfeandra Dewangga, Marselino Ferdinan, Fajar Fathur Rahman, Ramadhan Sananta, Witan Sulaeman

Timor Leste: Georgino Jose Alexandro Mendonca Da Silva, Jhon Frith Ornai Liu De Oliveira, Orcelio Nobelito Moises Gurerres Moreira Da Silva, Anizo Correira, Cristevao Barreto De Lima, Zenizio Morientes Gostavo Conceicao Mota, Olagar Fernando Malik Xavier, Joao Bosco Halle, Luis Figo Pereira Ribeiro, Ricardo Rorinho Dos Santos Bianco.