DPRD Kalteng minta pemda lebih bersinergi mempercepat pembangunan di pelosok

id Wakil Ketua II DPRD Kalimantan Tengah, Jimmy, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD kalteng, kalteng, Kalimantan Tengah

DPRD Kalteng minta pemda lebih bersinergi mempercepat pembangunan di pelosok

Wakil Ketua II DPRD Kalimantan Tengah Jimmy Carter. ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua II DPRD Kalimantan Tengah Jimmy Carter mengingatkan sekaligus meminta kepada pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota, agar lebih meningkatkan sinergi dan koordinasi dalam mempercepat pembangunan hingga ke pelosok-pelosok desa.

Mempercepat pembangunan di pelosok desa tersebut sangat penting dalam menyambut Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang informasinya akan dimulai pada tahun 2024, kata Jimmy di Palangka Raya, kemarin.

"Kita di Kalteng ini harus benar-benar menggencarkan pembangunan di berbagai bidang di semua wilayah, termasuk di pelosok. Dengan begitu, kita benar-benar siap menjadi daerah penyangga IKN Nusantara," ucapnya.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan IV meliputi Kabupaten Murung Raya, Barito Utara, Barito Timur dan Barito Selatan ini mengakui bahwa pembangunan di provinsi ini sudah relatif lebih baik. Hanya, berdasarkan penilaiannya belum merata ke semua wilayah.

Jimmy mengatakan masih ada desa di Kalteng yang masuk kategori pelosok karena ketiadaan infrastruktur darat, jaringan listrik dan internet. Bahkan sarana dan prasarana pendidikan dan kesehatan juga kurang begitu baik serta jauh tertinggal bila dibandingkan di perkotaan.

"Wilayah pelosok masih banyak yang belum tersentuh, seperti tidak ada jaringan listrik, infrastruktur jalan maupun jembatan tidak memadai dan lainnya. Maka pembangunan itu perlu dipercepat dan terus dilakukan," kata dia.

Baca juga: DPRD Kalteng ajak semua pihak hindari kampanye hitam di Pemilu 2024

Legislator Partai Demokrat Kalteng ini pun berharap ke depan provinsi ini benar-benar mampu menjadi daerah penyangga IKN Nusantara yang jaraknya tidak terlalu jauh, yakni di Provinsi Kalimantan Timur.

"Jadi, kita di Kalteng ini turut maju sejalan dengan IKN Nusantara. Dengan begitu, daerah dan penduduknya bisa lebih sejahtera dan mandiri," demikian Jimmy.

Baca juga: DPRD Kalteng apresiasi KPU beri pelayanan secara baik ke semua parpol

Baca juga: Pemprov diminta tindak lanjuti aspirasi masyarakat dapil V DPRD Kalteng

Baca juga: Seluruh anggota DPRD Kalteng dari PDIP kembali dicalonkan di Pemilu 2024