Gubernur Kalteng: Silatnas Dema FS perkuat peran mahasiswa dalam pembangunan

id Pemprov kalteng, gubernur kalteng, sugianto sabran, silatnas dema fakultas syariah, silaturahmi nasional, mahasiswa, pemuda, pemilu 2024, pesta demokr

Gubernur Kalteng: Silatnas Dema FS perkuat peran mahasiswa dalam pembangunan

Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Suhaimi membuka Silaturahmi Nasional Dema Fakultas Syariah se-Indonesia di Palangka Raya, Senin (15/4/2023)  (ANTARA/M Husein Asyari)

Palangka Raya (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengatakan, Silaturahmi Nasional Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Fakultas Syariah (FS) se-Indonesia di Palangka Raya, menjadi sarana strategis untuk memperkuat peran mahasiswa dalam pembangunan.

"Silaturahmi nasional ini dapat menjadi sarana penguatan peran strategis para pemuda khususnya mahasiswa, dalam mendukung pembangunan bangsa dan negara," katanya sebagaimana disampaikan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (Sahli KSDM) Suhaemi, Senin.

Silaturahmi nasional atau silatnas ini dilaksanakan sebagai wadah untuk bersilaturahmi antara Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Syariah se-Indonesia, sekaligus menjadi sarana untuk membahas berbagai isu prioritas, baik yang berskala lokal maupun nasional.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menyambut baik kegiatan tersebut, dan mengharapkan penyelenggaraannya semakin menggiatkan peran maupun eksistensi mahasiswa dan pemuda dalam melakukan perubahan-perubahan di masyarakat dengan membangun moral generasi yang lebih baik.

"Hingga pada akhirnya mampu menyongsong negara yang lebih tertata dan maju,” ucap Suhaemi di sela kegiatan.

Baca juga: KASN: Sistem merit lindungi karir ASN dari politisasi

Dia menuturkan, mahasiswa merupakan kekuatan penting bangsa, sebagai agen perubahan yang memiliki peran untuk melakukan kontrol sosial terhadap negeri ini, lantaran perkembangan politik, sosial, dan ekonomi tak lepas dari peran mahasiswa ataupun pemuda.

"Kami harapkan mahasiswa senantiasa bersemangat dan membekali diri dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Jadikan semangat, disiplin, dan kemampuan menguasai teknologi sebagai bekal untuk membangun Indonesia di masa depan,” pintanya.

Adapun silatnas tersebut dijadwalkan berlangsung selama tiga hari, mulai 15-17 Mei 2023, dengan mengusung tema "Muda berperan sukseskan Pemilu 2024” dan sub tema “Optimalisasi peran generasi muda dalam mewujudkan politik berkeadaban pada Pemilu 2024”.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Rektor IAIN Palangka Raya Khairil Anwar, Dekan Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya Abdul Helim, Bawaslu Kalteng, dan Koordinator Pusat DEMA Fakultas Syariah Nasional Azizah Ratu Buana Khan, serta sejumlah pimpinan perguruan tinggi dan BEM se-Kota Palangka Raya.

Baca juga: Pemprov Kalteng dorong partisipasi masyarakat optimalkan pencegahan kekerasan seksual