Disdik Palangka Raya laksanakan PPDB mulai 19-23 Juni 2023

id Disdik Kota Palangka Raya,Palangka Raya,Kalteng,PPDB,Kadisdik Kota Palangka Raya Jayani,SD,SMP

Disdik Palangka Raya laksanakan PPDB mulai 19-23 Juni 2023

Peserta didik jenjang Sekolah Dasar (SD) di Palangka Raya, Kalimantan Tengah melaksanakan ujian akhir sekolah beberapa waktu lalu. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah akan melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dari jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di bawah naungan instansi setempat yang ada di kota setempat.  

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya Jayani di Palangka Raya, Selasa mengatakan PPDB akan dilaksanakan di setiap SD dan SMP yang ada di kota setempat mulai 19-23 Juni 2023 mendatang.

"Tidak semua sekolah di bawah naungan Disdik Kota Palangka Raya melaksanakan PPDB, sebagian sekolah ada yang telah melaksanakan tetapi untuk SD dan SMP di sejumlah tempat tetap melaksanakan sesuai menggunakan sistem yang memang diterapkan," katanya.

Dia menuturkan, untuk SD Negeri dan SMP Negeri yang di bawah naungan Disdik setempat melakukan PPDB dengan sistem jalur zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orangtua dan jalur prestasi.

Bahkan dari PPDB itu juga ada yang menggunakan sistem aplikasi baik luring maupun daring. untuk sekolah dalam PPDB yang menggunakan aplikasi yakni ada enam sekolah.  

"Biasanya sekolah yang ramai peminatnya itu seperti sekolah di SMP Negeri 1, 2, 3, 6, 8, dan 9. Sekolah tersebut banyak sekali peminatnya, maka dari itu dilakukan sistem seleksi melalui luring dan daring," ucapnya.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya diminta lebih aktif cegah kekerasan terhadap perempuan dan anak

Jayani mengingatkan kepada para orang tua maupun peserta didik yang ingin ikut seleksi masuk sekolah melalui jalur PPDB 2023, alangkah baiknya mempersiapkan diri serta berkas-berkas yang nantinya akan diminta oleh panitia PPDB di sekolah yang dituju.

Karena dengan mempersiapkan diri jauh-jauh hari tentunya, peserta didik pada hari H penerimaan tidak akan kelabakan untuk menyediakan persyaratan yang diminta oleh panitia PPDB di sekolah itu.

"Mari sediakan berkas untuk masuk tahun ajaran baru di sekolah yang mereka tuju. Karena kalau sudah disiapkan dengan baik, tentunya hasilnya juga baik pula," demikian Jayani. 

Baca juga: Wali kota minta jamaah jaga kesehatan selama selama rangkaian haji

Baca juga: BPBD Palangka Raya catat sudah 22 kasus kebakaran lahan

Baca juga: 327 JCH Kalimantan Tengah tiba di Madinah