Kesehatan puluhan anggota Manggala Agni Kapuas diperiksa persiapan hadapi karhutla

id Kesehatan puluhan anggota Manggala Agni Kapuas diperiksa persiapan hadapi karhutla, kalteng, kapuas, karhutla

Kesehatan puluhan anggota Manggala Agni Kapuas diperiksa persiapan hadapi karhutla

Petugas medis melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap anggota Manggala Agni Daops Kalimantan II Kapuas, Rabu (7/6/2023). ANTARA/ All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Sebanyak 44 anggota Manggala Agni Daops Kalimantan II Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, menjalani pemeriksaan kesehatan dalam rangka persiapan fisik menghadapi ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang rawan terjadi saat musim kemarau.

“Pemeriksaan kesehatan dilakukan, untuk memastikan kondisi kesehatan anggota benar-benar sehat,” kata Kepala Daops Kalimantan II Kapuas, Aswaludin di sela kegiatan pemeriksaan, Rabu 

Pemeriksaan kesehatan ini dinilai sangat penting dilakukan untuk anggota yang bertugas di lapangan dalam rangka mengantisipasi atau penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan di daerah setempat.

Oleh karena itu, dengan adanya pemeriksaan kesehatan ini diharapkan anggota yang melaksanakan tugas di lapangan dalam kondisi yang sehat dan prima dalam penanganan karhutla di kabupaten setempat.

Pemeriksaan kesehatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Manggala Agni Daops Kalimantan II Kapuas, jalan Patih Rumbih Kuala Kapuas, bekerja sama dengan Puskesmas Pulau Telo.

Pemeriksaan kesehatan terhadap anggota dimulai dari pemeriksaan tekanan darah, penyakit diabetes melitus atau gula darah, skrining penyakit TBC dan lainnya.

Baca juga: Kepala rutan Kapuas jadi korban aksi pencurian uang jutaan rupiah

“Jadi anggota kita dilakukan skrining terhadap penyakit tidak menular, seperti hipertensi, gula darah, TBC dan lainnya, karena anggota Manggala Agni ini selalu berjibaku dengan gumpalan asap Karhutla serta juga perlunya kekuatan fisik yang menunjang dalam melakukan pemadaman karhutla,” katanya.

Menurutnya, skrining kesehatan bagi anggota Manggala Agni tersebut, sangat perlu dilakukan, dalam rangka untuk mengetahui penyakit yang dimiliki serta dapat menjaga kesehatannya dengan baik, sehingga dalam melaksanakan tugas di lapangan dapat berjalan baik dengan kondisi yang sehat.

“Karena salah tupoksi Mangga Agni yaitu pemadaman karhutla apa bila terjadi,” terangnya.

Melalui pemeriksaan kesehatan ini, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada jajaran Tim dari kesehatan Puskesmas Pulau Telo, yang telah melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap anggotanya.

“Terima kasih atas kepedulian dan dukungan tim kesehatan Puskesmas Pulau Telo, yang telah melakukan pemeriksaan terhadap anggota, semoga hasil sehat semua,” demikian Aswakudin.

Baca juga: Angin puting beliung hantam sejumlah bangunan warga Desa Mantangai

Baca juga: Pemkab Kapuas bentuk Satgas Pos Simpul Komando hadapi ancaman karhutla

Baca juga: Legislator: Mobil damkar untuk Kapuas Tengah sangatlah tepat