Enam sekolah di Palangka Raya melaksanakan PPDB sistem online

id Disdik Kota Palangka Raya,Palangka Raya ,Kalteng,PPDB ,Sistem Online,Enam sekolah di Palangka Raya melaksanakan PPDB sistem online,Kabid SMP M Aswan

Enam sekolah di Palangka Raya melaksanakan PPDB sistem online

Kabid SMP Disdik Kota Palangka Raya Muhammad Aswan saat disambangi di ruang kerjanya, Selasa (20/6/2023). ANTARA/Adi Wibowo 

Pada intinya dalam PPDB tahun ini para orangtua benar-benar menyiapkan seluruh persyaratan yang diminta oleh sekolah, sehingga ketika mendaftar sudah benar-benar siap dan tidak ada yang tertinggal karena bisa mempengaruhi hasil seleksi
Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah mengatakan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sistem online terkhusus tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di daerah setempat hanya enam sekolah.

"Enam sekolah tersebut yaitu SMPN-1, 2, 3, 6, 8 dan 9 Palangka Raya, sedangkan lainnya menggunakan sistem ofline," kata Kabid SMP Disdik Kota Palangka Raya, Muhammad Aswan, Selasa di Palangka Raya.

Aswan juga menuturkan, enam sekolah yang melaksanakan PPDB menggunakan sistem online tersebut tidak lain karena jumlah pendaftarnya membludak sehingga harus dilakukan seleksi dengan sistem yang sudah ditentukan oleh sekolah yakni per zonasi.

Baca juga: Disdik Palangka Raya: Sekolah terima BOS tak pungut biaya saat PPDB

Sistem zonasi dalam PPDB tersebut tidak lain bertujuan, agar mendekatkan peserta didik dengan sekolah. Sedangkan bagi peserta didik yang tidak masuk dalam sekolah enam itu tadi, tentunya masih ada sekolah lainnya yang siap menerima peserta didik.

"PPDB tingkat SMP sudah mulai dilaksanakan dari 19-23 Juni 2023. Hari pertama pendaftaran juga sudah ramai di setiap sekolah yang ada di Palangka Raya," katanya.

Baca juga: Disdik Palangka Raya terus berupaya tingkatkan karakter peserta didik

Ia juga menegaskan, bahwasanya dalam pelaksanaan PPDB dilaksanakan transparansi. Apabila ada dalam pelaksanaan tersebut ada persoalan-persoalan, para orangtua peserta didik dapat menanyakan kepada panitia atau posko-posko di setiap sekolah.

Namun apabila persoalannya tidak bisa diselesaikan di tingkat sekolah, maka orang tua peserta didik bisa menanyakan ke posko yang berada di Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya.

Baca juga: Polresta Palangka Raya tindak tegas calo Penerimaan Peserta Didik Baru

"Pada intinya dalam PPDB tahun ini para orangtua benar-benar menyiapkan seluruh persyaratan yang diminta oleh sekolah, sehingga ketika mendaftar sudah benar-benar siap dan tidak ada yang tertinggal karena bisa mempengaruhi hasil seleksi," ungkapnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, dalam dua hari ini pendaftar di enam sekolah terkhusus SMPN 1, 2, 3, 6, 8 dan 9 sudah tercatat ratusan peserta yang mendaftar dan akan diseleksi oleh panitia.

Pendaftaran terakhir dilaksanakan pada 23 Juni 2023 dan setelah itu hasil seleksi akan diumumkan oleh pihak sekolah sesuai pengumuman yang sudah di pajang di setiap sekolah.

Baca juga: Disdik Palangka Raya laksanakan PPDB mulai 19-23 Juni 2023

Baca juga: Sebanyak 227 peserta didik ikuti O2SN tingkat Kota Palangka Raya

Baca juga: Disdik Palangka Raya minta peserta didik taati aturan berlalu lintas

Baca juga: Disdik Palangka Raya: Proses belajar mengajar aktif kembali 2 Mei 2023