Bupati Murung Raya harapkan STQ dioptimalkan untuk syiar Islam

id Pemkab murung raya, stq xI murung raya, puruk cahu, mura, murung raya, al quran

Bupati Murung Raya harapkan STQ dioptimalkan untuk syiar Islam

Pembukaan STQ XI Tingkat Kabupaten Murung Raya di halaman Kantor Kecamatan Tanah Siang Selatan, Selasa (20/6/2023) malam. (ANTARA/Supriadi)

Puruk Cahu (ANTARA) - Bupati Murung Raya, Kalimantan Tengah Perdie M. Yoseph membuka Seleksi Tilawatil Quran (STQ) XI tingkat kabupaten yang dilaksanakan di halaman kantor Kecamatan Tanah Siang Selatan, Selasa (20/6) malam.

"Melalui kegiatan ini pemerintah daerah berharap Al Quran bisa dipelajari, dipahami serta diamalkan agar tumbuh minat yang tinggi dalam menjadikan Al Quran sebagai pedoman hidup umat Islam di Murung Raya," kata Perdie.

Dia mengatakan syiar Islam dalam bentuk seni yang dilombakan pada STQ tersebut, merupakan agenda rutin setiap tahun ganjil bertujuan sebagai sarana silaturahmi sekaligus pendorong minat baca masyarakat, terutama generasi muda terhadap Al Quran.

Perdie juga menyebut gelaran STQ sebagai salah satu media syiar Islam agar masyarakat bisa mengamalkan ajaran Islam dalam Al Quran pada kehidupan sehari-hari.

"Melalui kesempatan yang sangat baik ini saya mengajak seluruh umat Islam yang ada di Kabupaten Murung Raya, khususnya di Kecamatan Tanah Siang Selatan selalu menghidupkan rasa cinta kepada nilai-nilai dan hikmah yang terkandung dalam Al Quran," tambahnya.

Baca juga: Wabup Murung Raya cek ketersediaan dan kualitas beras di gudang Bulog

Sementara itu Ketua Panitia STQ XI Tingkat Kabupaten Murung Raya yang juga Camat Tanah Siang Selatan, Andreas mengatakan, pelaksanaan kegiatan tersebut dimulai sejak 20 sampai 22 Juni 2023 dan terdapat enam cabang lomba.

"Cabang lomba tilawah, tahfidz, fahmil, syahril, khath dan yang ke enam qatazi. Sedangkan untuk peserta dan ofisial sebanyak 343 orang dari 10 kecamatan," terangnya.

Sedangkan untuk pendanaan STQ XI tersebut, dikatakan Andreas, selain dari dana hibah pemkab juga terdapat sumbangan anggota DPRD Murung Raya, dari dunia usaha, serta bantuan suka rela dari masyarakat itu sendiri.

Baca juga: Bawaslu Murung Raya tingkatkan kapasitas aparatur pengawas pemilu kecamatan


Baca juga: Pemkab Murung Raya siaga karhutla hadapi kemarau


Baca juga: Percepatan penurunan stunting jadi prioritas Pemkab Murung Raya