Plt Bupati berharap MTQ tingkat Kapuas hasilkan Qori terbaik

id MTQ Kapuas, kapuas, kalteng Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, mtq kapuas, mtq

Plt Bupati berharap MTQ tingkat Kapuas hasilkan Qori terbaik

Plt Bupati Kapuas Muhammad Nafiah Ibnor (kanan empat) bersama Forkopimda setempat menabuh rabana tanda dimulainya pergelaran MTQ Tingkat Kabupaten, Minggu (2/7/2023). ANTARA/ All Ikhwan.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-46 Tingkat Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, tahun 2023 resmi dimulai dan diikuti 17 kecamatan di wilayah setempat, Minggu (2/7).

Semoga MTQ ke-46 ini dapat menghasilkan qori dan qoriah terbaik untuk mewakili kabupaten ini dalam MTQ tingkat provinsi yang dilaksanakan di Kabupaten Kotawaringin Barat, kata Plt Bupati Kapuas, Muhammad Nafiah Ibnor, usai membuka kegiatan.

"Insya Allah, para Qori dan Qoriah di MTQ kabupaten ini nantinya dapat menjadi juara di tingkat provinsi," ucapnya. 

Lebih lanjut orang nomor satu di kabupaten setempat ini menyampaikan, bahwa pemerintah daerah setempat tentunya mendukung penuh dan bersama-sama untuk bagaimana mencari kader-kader yang terbaik diantara yang baik untuk pada saatnya nanti untuk menjadi perwakilan Kabupaten Kapuas pada pergelaran ditingkat provinsi.

Menurutnya, MTQ pada hakekatnya ditujukan kepada masyarakat dengan harapan masyarakat dapat mengamalkan untuk membaca Al-Qur’an dan cinta terhadap Al-Qur’an. Dengan demikian, di Kabupaten Kapuas khususnya, tidak ada lagi yang buta huruf terhadap Al-Qur’an.

"apabila masyarakat cinta terhadap Al-Qur’an, maka daerah kita ini diturunkan berkat dan selamat dari Allah dan diberikan kesejahteraan lahir dan batin dunia dan akhirat," katanya.

Baca juga: Tunjang perekonomian warga, Legislator dukung Pemkab Kapuas perbaiki jembatan ambruk

Sementara itu, Sekretaris Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Kapuas, Suwarno Muriyat, mengatakan bahwa MTQ ke 46 tahun ini dilaksanakan selama empat hari. Dan dari 20 cabang yang dilombakan ini, diikuti oleh sebanyak 344 peserta dari 17 kecamatan.

"Dari 344 peserta tadi, akan dibagi ke dalam lima tempat lomba yang tersebar di Kecamatan Selat, di setiap lomba tadi kami sudah menyiapkan dewan hakim yang akan menjadi tim juri untuk menentukan juara," demikian Suwarno Muroyat.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Plt Bupati Kapuas Muhammad Nafiah Ibnor, di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas, ditandai dengan menabuh rabana bersama-sama dengan Forkopimda setempat.

Baca juga: Puluhan mobil hias meriahkan pawai takbir Idul Adha di Kapuas

Baca juga: Camat di Kapuas diperintahkan intensifkan pencegahan karhutla

Baca juga: DPRD Kapuas konsultasikan jabatan kepala daerah ke Kemendagri