Indonesia berencana gunakan AI untuk verifikasi dokumen calon haji 2024

id kemenag,ai,verifikasi dokumen haji ,2024,calon haji,indonesia

Indonesia berencana gunakan AI untuk verifikasi dokumen calon haji 2024

Umat Islam dari berbagai negara melaksanakan wukuf di Jabal Rahmah, Arafah, Arab Saudi, Selasa (27/6/2023). . ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/nym.

Mekkah (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) berencana menggunakan Artificial Intelligence (AI) dalam pelayanan haji 2024 khususnya terkait dengan verifikasi dokumen peserta dengan harapan lebih efisien dan mengurangi tingkat kesalahan.


"Saya sudah minta ke tim Irjen, untuk tahun depan dengan teman-teman Siskohat (Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu) mendorong Artificial Intelligence di situ," kata Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenag Faisal Ali Hasyim, di Mekkah, Rabu (5/7).

Langkah tersebut dilakukan, lanjut Faisal, karena pelaksanaan haji tahun ini, salah satu kendala yang dihadapi adalah verifikasi dokumen jamaah.

Faisal mencontohkan request visa jamaah haji agak lama karena terkendala data yang belum lengkap seperti nama peserta haji satu nama tapi di endorsement-nya tiga nama, upload fotonya juga kurang, dan lain-lain.
  
Menurut Faisal dengan penggunaan AI, apabila ada yang meng-input hanya satu suku kata kalau belum melampirkan lembar persetujuan halaman tiga akan ditolak.

"Misalnya nama Faisal, kalau cuma satu kan tidak bisa diproses. Nah, direquest visa itu ada endorsement tiga nama, setelah dilampirkan baru bisa, sehingga tidak seperti sekarang ini, dari kabupaten ke provinsi dan dari provinsi ke pusat. Kemudian dari pusat karena dinilai kurang lalu lempar lagi ke kabupaten dan kota," katanya.

Penggunaan AI, tambah Faisal, diharapkan dapat menekan kesalahan sejak dari tingkat awal, karena dengan kesiapan data bisa mempercepat seluruh tahapan termasuk konfigurasi jumlah kursi pesawat.

"Ini juga catatan yang akan saya perbaiki yaitu, penyiapan data dokumen jamaah. Proses request visa kemarin injury time baru keluar. Nah kalau itu semua lengkap di awal, luar biasa itu," katanya.