Program Shrimp Estate di Sukamara dukung ketahanan pangan

id Program Shrimp Estate di Sukamara dukung ketahanan pangan, kalteng, sukamara, food estate

Program Shrimp Estate di Sukamara dukung ketahanan pangan

Sekretaris Daerah Sukamara, Rendy Lesmana, usai melaksanakan konsultasi publik pada Kecamatan Pantai Lunci dan Kecamatan Kuala Jelai pada Juni lalu. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Sukamara (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Sukamara Rendy Lesmana mengatakan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan program strategi peningkatan ketahanan pangan melalui food estate bidang protein atau "shrimp estate" di wilayah setempat.

“Kegiatan ini juga tertuang dalam Surat Keputusan Bupati Sukamara Nomor 188.45/201/2023 pada 27 Juni 2023 tentang pencadangan kawasan budidaya perikanan perairan darat di Kecamatan Pantai Lunci dan Kecamatan Kuala Jelai,” ucapnya di Sukamara, Minggu.

Menurutnya, sejumlah kegiatan yang sudah dilaksanakan terkait program itu yakni terkait dengan konsultasi publik pada dua kecamatan tersebut, serta pencanangan Kabupaten Sukamara sebagai sentra udang vaname saat penutupan Sukamara Expo.

“Kita telah lakukan konsultasi publik pada kedua kecamatan itu dalam rangka mempersiapkan regulasi terkait dengan perikanan darat khususnya shrimp estate. Hal ini tentunya berkaitan juga dengan pencadangan wilayah agar aman dan bisa ada kesesuaian terkait dokumen-dokumen yang dimiliki oleh pemerintah terkait dengan perencanaannya,” jelas Rendy.

Baca juga: Dishub Sukamara lakukan pemeliharaan rambu lalu lintas

Ia menerangkan, pendataan sudah dilakukan dan telah disampaikan terkait uji publik ini kepada masyarakat dengan harapan mereka mengetahui lokasi dan potensi yang ada di dua wilayah tersebut. Rencananya, pemerintah juga akan meluncurkan Sistem Informasi Geospasial Komoditi Perikanan (Sipakomperan).

“Jadi konsultasi publik yang telah kita lakukan pada kedua kecamatan tersebut untuk menyampaikan kepada masyarakat mengenai SK Bupati terkait dengan pencadangan potensi pengembangan shrimp etate tersebut. Kemudian, nantinya juga akan melakukan studi kelayakan yang akan disusun untuk jangka menengah,” ungkapnya.

Rendy menyampaikan, dalam waktu dekat ini tepatnya pada 11 Juli 2023 akan dilaksanakan juga seminar nasional di wilayah setempat secara daring di Aula Bupati Sukamara dengan menghadirkan sejumlah narasumber dari kementerian dan Pemprov Kalteng.

“Narasumber pada seminar nasional ini yakni Asisten Deputi Pengembangan Perikanan Budidaya Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Mohamad Rahmat Mulianda, Sekretaris Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Gemi Triastutik, Kepala Biro Perencanaan dan Plt Staf Ahli Meneteri Bidang Pangan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Apik Karyana, dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalteng Darliansjah,” demikian Rendy.

Baca juga: PPPK guru Sukamara diminta jalankan amanah mencerdaskan anak bangsa

Baca juga: Pemkab Sukamara-UMPR kerja sama peningkatan SDM melalui RPL

Baca juga: Bupati Sukamara: MTQ jadi sarana menegakkan syiar Islam